6 Menu Buka Puasa Rasulullah SAW Ternyata Banyak Ditemukan di Indonesia

Berita Hortikultura - Ilustrasi Anggur (Unsplash)

Editor: Dera - Rabu, 14 April 2021 | 12:00 WIB

SariAgri - Berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu setelah menahan haus dan lapar selama hampir 13 jam. Namun dalam menikmati santapan berbuka sudah barang tentu sebagai umat muslim perlu meneladani sikap-sikap Nabi Muhammad SAW dalam memilih menu berbuka.

Setiap perlakuan dan tindakan Nabi Muhammad SAW pasti mengandung kebaikan di dalamnya, tak terkecuali dalam memilih makanan berbuka.

Adapun salah satu menu favorit Nabi Muhammad SAW saat berbuka ialah buah kurma. Namun tahukah Sobat Agri,  ternyata masih banyak menu favorit Nabi untuk berbuka yang tentunya memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan loh.

Penasaran apa saja? yuk simak ulasannya:

1. Anggur

Ternyata buah anggur menjadi salah satu menu favorit Nabi Muhammad SAW untuk berbuka. Dari banyak sumber menyebutkan, anggur memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Kandungan vitamin C yang tinggi membuat anggur memberikan daya tahan tubuh dan membuat tubuh menjadi kuat selama menjalani ibadah puasa.

2. Susu

Selain mengonsumsinya saat berbuka, Nabi Muhammad SAW juga meminum susu pada saat sahur. Susu memiliki kandungan vitamin yang tinggi untuk menjaga kebugaran tubuh seharian. 

Selain itu dalam satu gelas susu tersimpan protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, Rasulullah SAW ternyata lebih menyukai susu kambing dibandingkan susu sapi. 

3. Madu

Mengonsumsi madu setelah berbuka puasa dapat menjaga kadar gula darah serta sangat baik untuk kesehatan. Madu juga kerap dijadikan sebagai pengganti gula yang tentunya lebih sehat.

Rutin mengonsumsi madu selama berpuasa, maka tubuh akan terhindar dari penyakit sembelit dan diare. Biasanya, Nabi Muhammad mengonsumi madu dengan cara mencampurkannya dengan segelas air. 

4. Zaitun

Zaitun dipercaya memiliki khasiat yang luar biasa dalam mengatasi berbagai persoalan penyakit. Bahkan, manfaat zaitun untuk kesehatan manusia  tertuang dalam salah satu hadist yang berbunyi,

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, "makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi,” (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

5. Buah labu

Buah labu juga menjadi menu favorit Nabi Muhammad SAW disaat berbuka, labu terkenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Dalam buah labu mengandung 97 persen air dan membuatnya dapat menjaga cairan dalam tubuh selama berpuasa.

6. Buah tin

Buah ara atau buah tin sangat disukai oleh Nabi Muhammad SAW, dan beliau pernah bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji. Manfaatnya yang sangat banyak seperti dapat mengobati sembelit, penyakit usus, bisul dan lambung membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.