Kurangi Potensi Terkena Kanker Usus Besar, Cobain Konsumsi 5 Buah dan Sayur

Ilustrasi Buah dan Sayur. (Wikipedia)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Selasa, 6 April 2021 | 18:50 WIB

SariAgri -  Mengonsumsi buah dan sayuran secara teratur salah satu cara pola hidup sehat agar terhindar dari penyakit. Seorang ahli mengatakan, konsumsi lima jenis makanan termasuk sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan buah yang kaya serat bisa menghindari dari risiko terkena kanker usus besar.

"Sayuran mengandung nutrisi pencegah kanker yang disebut karotenoid dan flavonoid," kata Amy Rosenfeld, Koordinator Program Kesehatan Masyarakat dan Ahli Diet di Rumah Sakit Northern Westchester, New York.

"Sayuran mengandung serat yang tinggi, yang membuat kotoran Anda menjadi besar dan membatasi jumlah waktu yang dihabiskan di usus besar, sehingga mengurangi risiko terkena kanker kolorektal," tambahnya seperti dikutip medicalxpress.com.

Rosenfeld menganjurkan agar setiap kali makan, Kita harus mengisi setengah piring dengan sayuran berwarna-warni, baik sayuran segar maupun sayuran beku yang terjangkau dan siap disantap.

Makanan dari biji-bijian utuh juga memiliki kadar serat yang tinggi. Karenanya saat berbelanja roti dan produk sereal, pilih produk yang mencantumkan bahan gandum terlebih dahulu.

"Coba ganti biji-bijian putih — seperti nasi putih — dengan biji-bijian lain atau campuran keduanya. Makan tiga porsi, atau sekitar tiga ons biji-bijian sehari, tidak hanya akan meningkatkan serat, tetapi juga vitamin B dan mineral penting, seperti zat besi, seng, tembaga, dan magnesium," kata Rosenfeld.

Contoh produk biji-bijian utuh termasuk roti gandum, barley, oat, quinoa, soba, jagung, beras merah, dan lainnya.

Kacang polong memiliki banyak serat dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. "Dengan makan kacang dan lentil secara teratur, Anda menurunkan risiko terkena kanker polip usus besar," kata Rosenfeld.

"Cobalah mengonsumsi kacang atau lentil sebagai penggantu daging dua kali seminggu atau mengurangi daging dalam resep Anda dan tambahkan kacang-kacangan," imbuhnya

Kacang navy, buncis, kacang fava, kacang merah, lentil, kacang lima, kacang hitam dan kacang cannellini adalah beberapa jenis kacang-kacangan yang dianjurkan untuk dimasukkan dalam daftar belanjaan.

Baca Juga: Kurangi Potensi Terkena Kanker Usus Besar, Cobain Konsumsi 5 Buah dan Sayur
Ini Alasan Mengapa Lemon Penting Selalu Ada di Dalam Kulkas

Kacang-kacangan dan biji-bijian menurut Rosenfeld merupakan "makanan yang sempurna". "Serat, lemak sehat, fitokimia, dan antioksidannya semuanya memiliki sifat melawan kanker. Cobalah mengemil kacang-kacangan atau biji-bijian sebagai pengganti keripik atau pretzel. Selai kacang dan biji alami sangat cocok untuk buah favorit Anda. Campurkan biji rami atau biji chia menjadi oatmeal," katanya.

Terakhir dan sangat penting adalah memasukkan buah yang kaya serat, baik segar atau buah beku ke dalam porsi makanan.

"Cobalah makan satu hingga dua porsi warna-warni buah setiap hari. Setiap warna buah memiliki kombinasi unik nutrisi dengan sifat melawan kanker. Buah juga memiliki serat, vitamin dan mineral, serta rasa manis alami yang sehat," pungkasnya.

Video Terkait