Jangan Konsumsi Pisang Ketika Perut Kosong, Ini Alasannya

Ilustrasi Buah Pisang. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 29 Maret 2021 | 15:30 WIB

SariAgri -  Pisang merupakan buah yang paling gampang dicari dengan harga yang relatif murah. Berbagai macam jenis pisang biasanya memiliki rasa yang dengan mudah masuk ke lidah.

Buah yang khas dengan kulitnya yang berwarna kuning ini mengandung serat, kalim, magnesium dan komposisi nutrisi padat. Pisang mampu membantu memperkuat blok otot dan sistem kekebalan tubuh, selain itu juga kaya dengan zat besi, vitamin B dan B6.

Siapa yang tidak senang dengan buah yang murah dan kaya manfaat ini? Tentu saja menjadi idola bagi setiap insan.

Namun kapan waktu yang tepat untuk kita bisa mengonsumsi buah ini? Melansir dari Times of India, menikmati buah pisang tidak dianjurkan saat perut dalam keadaan kosong.

Perut kosong bisa terjadi biasanya ketika bangun tidur. Sarapan yang praktis memang menikmati satu buah pisang karena cukup mengenyangkan dan kandungan energi serta gula alami yang bermanfaat bagi tubuh.

Namun penelitian mengatakan konsumsi buah pisang dalam keadaan perut kosong dapat berakibat fatal bagi tubuh. Para ahli mengatakan konsumsi makanan dengan kandungan magnesium tinggi di pagi hari atau ketika perut kosong dapat memengaruhi metabolisme dan membuah ketidakseimbangan pencernaan.

Baca Juga: Jangan Konsumsi Pisang Ketika Perut Kosong, Ini Alasannya
Anti Ribet! Begini 7 Cara Memanfaatkan Sampah Makanan

Bahkan dalam beberapa kasus bisa berdampak buruk untuk kesehatan jantung. Maka itu, untuk menyeimbangkannya menikmati buah pisang saat perut kosong dapat dipadukan dengan gandum, apel, buah-buahan atau kacang-kacangan kering dan sereal untuk mendapatkan manfaat maksimal dari buah ini.

Meski begitu, pisang tidak dianjurkan untuk penderita diabetes karena kandungan nutrisi dan gula alaminya dapat mendorong energi meningkatkan kadar gula dalam tubuh.