10 Makanan Ini Efektif Redakan Sakit Perut

Ilustrasi sakit perut (Foto: Antara)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 22 Maret 2021 | 16:40 WIB

SariAgri -  Sakit perut memang bisa bikin suasana hati seseorang menjadi berantakan, merasa lemas dan tidak bergairah. Ketika orang mengalami sakit perut, pasti disarankan untuk menghindari dan mengkonsumsi makanan tertentu.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut 10 makanan yang efektif redakan sakit perut:

1. Jus wortel

Salah satu cara efektif untuk membantu menyingkirkan sakit perut adalah dengan minum jus wortel. Tambahkan beberapa tangkai daun mint dalam jus wortel yang sudah dibuat. Obat tradisional yang satu ini dapat membantu untuk menenangkan sakit perut.

2. Makanan bertepung

Makanan bertepung, seperti nasi, baik untuk dimakan selama mengalami sakit perut. Ini dapat menenangkan perut dan membuatnya terasa lebih nyaman.

3. Yogurt

Sifat probiotik dalam yogurt menjadikannya masuk sebagai salah satu makanan pilihan dan alami untuk mengatasi sakit perut. Yogurt akan sangat membantu menyembuhkan rasa tidak nyaman di perut dan meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.

4. Cuka sari apel

Campur satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air hangat dan madu. Minuman ini ternyata akan melancarkan pencernaan dan mengurangi kram serta gas dalam perut.

5. Oat

Jika kamu mengalami sakit perut yang melilit, coba konsumsi semangkuk gandum hangat dengan susu. Makanan ini dikenal kaya akan serat dan baik untuk menyembuhkan sakit perut.

6. Pepaya

Pepaya adalah makanan terbaik yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi masalah sakit perut. Hal ini dikarenakan pepaya mengandung enzim pencernaan alami yang disebut papain. Enzim ini membantu memecah makanan yang bisa mengiritasi lambung. Pepaya juga dikenal sebagai sahabat terbaik yang akan membantu menjaga kesehatan pencernaan.

7. Teh jahe

Teh jahe akan membantu menenangkan sakit perut. Ini obat alami untuk sakit perut dan membantu untuk mengurangi gemuruh dan rasa gelisah di perut.

8. Pisang

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk sakit perut. Pisang juga membantu menyembuhkan diare. Tingkat kalium dan elektrolit yang terkandung dalam pisang akan membantu memerangi dehidrasi pada tubuh.

9. Air kelapa

Air kelapa dinikmati karena rasanya yang sangat segar, terutama ketika dinikmati ketika siang hari. Namun selain itu air kelapa ternyata juga bermanfaat membantu menyembuhkan sakit perut.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Efektif Redakan Sakit Perut
Rutin Konsumsi Makanan Alami Ini, Dijamin Bau Badan Hilang

Gula alami dalam air kelapa membantu memberikan kalori serta elektrolit. Kandungan kalium dalam air kelapa juga dapat mendetoks perut, sehingga berbagai macam penyebab sakit perut dapat dibuang.

10. Apel

Makan satu apel per hari dapat menjauhkan kamu dari berbagai risiko penyakit. Apel kaya akan serat larut. Mereka juga mengandung pektin dan enzim lainnya yang membantu memecah dan menyingkirkan partikel makanan di tubuh.

Video Terkait