Penyajian Unik Kopi Durian Dengan Bambu Ala Ahwan

Ahwan Kabupaten Lombok utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). (Foto: Sariagri/Yongki)

Editor: M Kautsar - Senin, 22 Maret 2021 | 14:10 WIB

SariAgri - Ahwan (40 tahun) seorang penjual kopi keliling Asal Kabupaten Lombok utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memiliki cara unik dalam menyajikan kopi untuk menarik pelanggannya, selain mengolah minuman kopi menggunakan alat tradisional bambu.

Ahwan juga menambah cita rasa kopi dengan buah durian, dan memperlihatkan lansung aksi lihainya saat menyarik kopi kepada para konsumen. Tak heran, kopi yang dia namakan "sahabat rinjani" itu cukup digandrungi masyarakat dari semua kalangan.

"Alhamdulillah, dengan kita menerapkan ini, konsumen jadi ramai. Mungkin karena menurut mereka penyajiannya unik," ujar Ahwan kepada Sariagri.

Ahwan mengatakan, kopi yang digunakannya merupakan biji kopi pilihan seperti kopi arabica, kopi rinjani, dan merek kopi lain yang di panen dan sortir hingga di roasting langsung menggunakan suhu tertentu. “Ada dua varian kopi yang kita sajikan diantaranya kopi original dan kopi rasa durian," ucap dia.

Ditanya tentang alasan penyajiannya tersebut, Ahwan mengatakan ide untuk penyajian kopi durian sengaja dilakukan agar pelanggan agar terlihat menarik. Menurutnya tidak hanya terlihat menarik, namun rasa kopi yang dibuatnya juga harus bisa menarik konsumen, dengan menyuguhkan cita rasa kopi yang bisa menggugah selera.

"Awalnya saya jual kopi biasa namun kemudian mencoba membuat cita rasa kopi durian dengan meracik kopi di sini," pungkasnya.

Selain menarik, harga kopi rinjani Ahwan juga cukup terjangkau, konsumen hanya dibandrol dengan harga Rp5 ribu per gelasnya. Harga tersebut berlaku untuk semua jenis kopi.

"Harganya kita ambil dikisaran lima ribu, itu juga termasuk kopi yang lain, karena kalau kita jual lebih mahal itu pasarnya bukan disisini," jelasnya.

Untuk rasa sendiri, kopi racikan Ahwan tidak kalah dengan kopi lain. Derbi, salah seorang penikmat kopi milik Ahwan menyebut sensasi rasa unik saat kopi bertemu dengan durian.

"Kebetulan baru pertama kali mencoba kopi yang dicampur buah durian, sensnsasi rasanya itu yang unik," kata Derbi.

Selain itu, menurut Derbi, dia dan para pelanggan yang lain senang dengan cara penyajian kopinya yang unik. "Sebelumnya saya juga baru melihat ternyata kopi bisa diracik dengan bambu, padahal kalau dikota dia kan pakai mesin. Tapi rasanya juga tidak kalah enak dengan di kota," tutupnya.

Video Terkait