Catat Nih, 5 Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Ilustrasi Ibu hamil (Foto:Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Reza P - Jumat, 5 Maret 2021 | 15:30 WIB

SariAgri - Memilih makanan yang sehat sangat penting bagi ibu hamil. Pasalnya, makanan tersebut akan menjadi nutrisi penting tidak hanya untuk ibu hamil, tapi juga untuk pertumbuhan dan perkembangan janin.

Salah satu jenis makanan yang harus wajib dikonsumsi ibu hamil adalah buah-buahan. Namun tidak semua jenis buah dapat dikonsumsi, karena itu penting mengetahui jenis buah yang bisa dikonsumsi, agar kesehatan ibu dan calon bayi tetap sehat.

Ini 5 buah yang disarankan untuk ibu hamil, seperti dikutip dari Fruits and Vegetables in Your Pregnancy Diet:

1. Apel

Ape memiliki kandungan serat, vitamin A, vitamin C dan kalium. Kandungan ini merupakan nutrisi andalan yang sangat baik untuk ibu hamil.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa risiko terjadinya asma dan alergi lebih rendah pada bayi dari ibu yang rutin mengkonsumsi apel selama hamil.

2. Mangga

Mangga merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin A dan C. Kandungan vitamin A dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah munculnya komplikasi pada janin.

Selain itu, mengkonsumsi satu mangkuk mangga sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

3. Alpukat

Dibandingkan buah lain, alpukat memiliki lebih banyak kandungan asam folat. Selain itu, alpukat juga sumber vitamin C, vitamin B, vitamin K, serat, kolin dan magnesium

Mengonsumsi alpukat selama kehamilan bermanfaat untuk mengurangi keluhan kaki kram, morning sickness dan mendukung perkembangan otak janin.

Baca Juga: Catat Nih, 5 Jenis Buah yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil
Catat! Sederet Buah yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Agar Diet Sukses

4. Pisang

Pisang memiliki banyak kandungan kalium dan kalori. Kandungan ini baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Kalium di dalam pisang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, serta membantu kerja otot dan penghantaran sinyal saraf. Selain itu, pisang juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu hamil yang sering mengalami morning sickness dan sembelit.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C, asam folat dan serat. Kandungan vitamin C pada jeruk bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dan membantu penyerapan zat besi.

Selain itu, kandungan air yang cukup tinggi di dalam buah jeruk dapat mengurangi dehidrasi selama masa kehamilan.

Video Terkait