Tak Kalah dengan Sake atau Soju, Ini 7 Minuman Beralkohol Khas Indonesia

Ilustrasi Minuman Beralkohol (Foto : Pixabay)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 1 Maret 2021 | 19:20 WIB

SariAgri -  Jepang memiliki minuman alkohol yang begitu populer bernama sake, serta Korea memiliki soju. Tak mau ketinggalan, ternyata Indonesia juga mempunyai minuman beralkohol khas lokal.

Di sejumlah daerah, tradisi 'bersulang' memang sudah bagian dari budaya yang tidak terpisahkan. Biasanya minuman lokal tersebut dibuat dari fermentasi beras, gula tebu, kelapa atau gula aren.

Berikut 7 minuman alkohol khas asli Indonesia, dikutip dari berbagai sumber,

1. Ciu

Ciu merupakan minuman khas dari Pulau Jawa, terutama di Kota Banyumas dan Solo. Minuman beralkohol ini berbahan baku tebu dan singkong dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen. Beberapa orang percaya bahwa mengkonsumsi ciu baik untuk kesehatan.

2. Arak

Arak merupakan minuman beralkohol berasal dari Bali. Minuman ini hasil sulingan beras ketan atau gula aren yang dicampur dengan bunga dan buah dari pohon palem. Kandungan alkohol tinggi yaitu mencapai 50 persen.

Secara tradisional, arak digunakan sebagai persembahan kepada dewa-dewa selama ritual kegamaan.

Berita Pangan - Baca Juga: Teh Gambir Pakpak Bharat Rambah Pasar Internasional
Perusahaan Minuman Bersoda Berlomba Inovasi Kemasan dari Kertas


3.Sopi

Sopi banyak ditemukan di wilayah timur Indonesia, terutama di Kepulauan Maluku dan Flores. Minuman ini muncul dan mulai berkembang saat zaman penjajahan Belanda di abad ke-15.

Sopi merupakan hasil sulingan dari nira manis lalu dicampur dengan bubuk akar husor. Hasilnya difermentasi di dalam batang bambu.

Baca Juga: Tak Kalah dengan Sake atau Soju, Ini 7 Minuman Beralkohol Khas Indonesia
BPS: Nilai Tukar Petani Februari 2021 Turun Tipis 0,15 Persen



4. Swansrai

Swansrai merupakan minuman khas orang Papua. Minuman ini dihasilkan dari fermentasi air pohon kelapa yang sangat tua dan memiliki kadar alkohol berkisar 20 hinggga 30 persen. Swansrai disajikan untuk tamu atau kerabat dekat yang berkunjung kerumah.

Food Estate & Info Pangan : Manfaat Luar Biasa Buah Salak

Video Terkait