Berkhasiat! 5 Produk Alam Ini Mampu Mencegah Kanker Kulit

Ilustrasi buah tomat. (Freepik)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 1 Maret 2021 | 12:10 WIB

SariAgri -  Salah satu kunci mendapatkan kulit sehat dan bercahaya yaitu adanya asupan yang bergizi seimbang yang dikonsumsi dalam menu sehari-hari.

Perlu kita ketahui bahwa beberapa jenis makanan dapat membantu Kita mempertahankan kesehatan kulit dan menghidrasi kulit dari dalam.

Dibandingkan menggunakan bahan-bahan yang berasal dari kimia, hasil dari alam jauh lebih aman bagi kulit. Bahkan bisa menghindari dari kanker.

Berikut ini 5 makanan yang wajib dikonsumsi untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing, seperti dimuat Eat This:

1. Bayam

Bayam diketahui mengandung kadar folat dan vitamin B esensial yang tinggi. Dua kandungan tersebut dapat membantu menjaga dan memperbaiki DNA, serta mengurangi kemungkinan pertumbuhan sel kanker.

Berita Pangan - Baca Juga: Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian
7 Ikan Air Tawar Paling Sering Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

2. Wortel

Si oranye satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan mata. Tak hanya itu, wortel ternyata ampuh untuk menghilangkan jerawat. Vitamin A dalam wortel juga berkontribusi untuk meminimalkan perkembangan sel kanker kulit.

3. Ubi jalar

Salah satu penelitian dalam jurnal Evolution and Human Behaviour menyatakan bahwa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat membuat kulit bercahaya dan sehat. Kadar beta karoten tinggi dalam ubi jalar berkhasiat memerangi radikal bebas yang menyebabkan penuaan kulit.

Belum lagi kandungan vitamin C dan vitamin E yang menjaga kulit selalu sehat, kenyal, dan bercahaya. Lebih hebat lagi, anthocyanin dalam ubi jalar juga membantu mencegah bintik hitam yang merusak kulit.

4. Tomat

Baca Juga: Berkhasiat! 5 Produk Alam Ini Mampu Mencegah Kanker Kulit
Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian

Tomat merah memiliki kandungan lycopene dan fitokimia yang mampu meningkatkan kekuatan kolagen. Kolagen adalah protein yang menghasilkan struktur kulit yang kencang dan awet muda. Kolagen juga mampu menghilangkan radikal bebas dengan melawan efek pengoksidasi sinar UV.

5. Teh Hijau

Menyeruput teh hijau di pagi atau sore hari bisa menjadi satu kebiasaan baik yang menyenangkan sekaligus menenangkan. Teh hijau diketahui mengandung antioksidan yang bersifat antiperadangan dan antikanker. Artinya, teh hijau tak hanya efektif membantu mencegah kanker kulit tapi juga memperbaiki DNA yang rusak.

Food Estate : Petani Milenial Manfaat Ketahanan Pangan

Video Terkait