Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian

Diet Buah dan Sayur (Pixabay)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 1 Maret 2021 | 07:00 WIB

SariAgri - Diet plant based merupakan pola makan nabati atau berfokus pada makanan terutama dari tumbuhan. Ini tidak hanya mencakup buah dan sayur, tetapi juga kacang-kacangan, biji-bijian, minyak, polong-polongan dan kacang-kacangan.

Dilansir Harvard Health Publishing, diet ini berbeda dengan vegetarian. Plant based diet tidak melarang konsumsi sayuran atau susu. Hanya saja porsinya lebih banyak asupan nabati dibanding hewani.

Apa bukti pola makan nabati itu menysehatkan? Banyak penelitian nutrisi meneliti pola makan nabati seperti pola makan Mediterania dan pola makan vegetarian. Diet Mediterania memiliki dasar makanan nabati termasuk ikan, unggas, telur, keju, dan yogurt beberapa kali sepekan dengan sedikit daging.

Berita Pangan - Baca Juga: Tren Tanaman Hias Janda Bolong Diprediksi Tak Akan Lama
Teh Tambi dan Pagilaran, Varietas Unggul dari Balittri

Diet Mediterania telah ditunjukkan dalam studi populasi besar dan uji klinis acak untuk mengurangi risiko penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes, kanker tertentu (khususnya kanker usus besar, payudara, dan prostat), depresi dan pada orang dewasa, penurunan risiko kelemahan, bersama fungsi mental dan fisik yang lebih baik.

Baca Juga: Beda Plant Based Diet Dengan Vegetarian
Banyak Khasiat, Begini Cara Mudah Menanam Jahe di Rumah

Pola makan vegetarian juga telah terbukti mendukung kesehatan, termasuk menurunkan risiko jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes dan memperpanjang umur.

Pola makan nabati menawarkan protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan secara optimal dan seringkali lebih tinggi serat dan fitonutrien. Namun beberapa vegan mungkin perlu menambahkan suplemen (khususnya vitamin B12).

Berita Pangan : Petani Milenial Solusi Ketahan Pangan

Video Terkait