7 Ikan Air Tawar Paling Sering Dikonsumsi, Mana Favoritmu?

Ilustrasi Ikan Air Tawar yang Siap Disantap. (Freepik)

Penulis: Tatang Adhiwidharta, Editor: Reza P - Jumat, 26 Februari 2021 | 18:40 WIB

SariAgri - Mengonsumsi ikan dapat memberikan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan mata dan perkembangan otak. Pasalnya, ikan merupakan salah satu sumber protein.

Adapun jenis ikan yaitu ikan air tawar dan ikan air laut. Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar seperti kolam, sungai, dan danau dengan salinitas air kurang dari 0,05%. Sebanyak 41% dari jumlah spesies ikan diketahui hidup di air tawar, sementara ikan air laut adalah yang hidup di laut.

Umumnya masyarakat Indonesia mengonsumsi ikan air tawar karena lebih terjangkau dan mudah dibudidaya. Melansir berbagai sumber, berikut 7 ikan air tawar yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia:

1. Ikan Mas

Daging dari ikan mas cenderung memiliki tekstur yang sangat lembut. Kekurangannya, ikan ini memiliki duri kecil dan halus di setiap lapisan dagingnya. Maka Sobat Agri harus berhati-hati ketika mengonsumsi ikan ini.

2. Ikan Patin

Ikan jenis ini memiliki ciri fisik dan daging yang mirip dengan ikan lele. Jenis ikan air tawar satu ini terbilang cukup banyak menyimpan vitamin.

Ikan patin memiliki lemak tak jenuh mencapai 50% dari total seluruh nilai gizi yang terkandung di dalam ikan. Selain itu, ikan ini juga mengandung DHA serta Omega 3 yang tinggi sehingga sangat cocok jika di konsumsi oleh anak-anak, ibu hamil dan orang tua.

3. Ikan Nila

Jenis ikan air tawar satu ini sebenarnya memiliki ciri fisik yang mirip dengan ikan mujair. Ikan yang memiliki nama ilmiah Oreochromis niloticus cukup populer dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Ikan nila sendiri ada juga yang berwarna merah.

4. Ikan Nilem

Meski berukuran kecil, ikan ini memiliki cita rasa yang lebih gurih bila dibandingkan dengan ikan tawar yang lainnya. Hal ini dikarenakan ikan nilem banyak mengandung sodium glutamat di dalam dagingnya yang dengan alami terbentuk karena pengaruh dari kebiasaan makan ikan ini.

Pakan ikan nilem biasanya berupa phytoplankton dan terutama dari ganggang air yang banyak tumbuh hasil dari pemupukan kolam.

5. Ikan Gabus

Ikan gabus memiliki bentuk tubuh yang cukup besar. Habitat hidupnya kebanyakan ada di sungai, rawa, dan danau. Ikan ini memiliki ciri fisik yakni kepalanya yang mirip dengan ular. Harga ikan jenis ini juga terbilang cukup mahal.

6. Ikan Wader

Ikan wader merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sudah tidak asing dan mudah ditemukan di Indonesia. Ia masuk dalam anggota suku Cyprinidae anak-suku Cyprininae. Ikan ini menyebar di Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, dan Lombok, Indocina, dan Filipina.

Ikan wader terbukti sangat populer untuk dikonsumsi dalam berbagai macam bentuk produk seperti snack atau sebagai lauk lalap.

7. Ikan Sidat

Jika melihat ciri fisiknya, sepintas ikan ini terlihat seperti belut. Namun, bentuk ekor dan kepala sidat cenderung lebih pipih dan melebar dan untuk belut memiliki bentuk ekor serta kepala yang meruncing.

Baca Juga: 7 Ikan Air Tawar Paling Sering Dikonsumsi, Mana Favoritmu?
Cerita Sukses Kelompok Tani Wanita Asal Bogor Beternak Burung Puyuh

Ikan jenis ini menjadi salah satu komoditas ekspor dengan nilai jual yang cukup tinggi. Jepang, merupakan negara yang selalu megimport ikan sidat.

Salah satu olahan ikan sidat di Jepang ialah unagi nigir, dimana ikan ini dipanggang dan dihidangkan dengan nasi yang dibungkus nori atau bisa dibilang rumput laut.

Video Terkait