A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: fopen(/opt/alt/php80/var/lib/php/session/ci_sessionpip3uhdgp7e3ovkcv04dd2qllch3v0rn): Failed to open stream: Permission denied

Filename: drivers/Session_files_driver.php

Line Number: 176

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: session_start(): Failed to read session data: user (path: /opt/alt/php80/var/lib/php/session)

Filename: Session/Session.php

Line Number: 143

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 13
Function: __construct

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Tak Hanya Bikin Bahagia, Ini 5 Manfaat Ajaib Konsumsi Cokelat Hitam - Pangan sariagri.id

Tak Hanya Bikin Bahagia, Ini 5 Manfaat Ajaib Konsumsi Cokelat Hitam

Ilustrasi cokelat hitam. (pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 9 Februari 2021 | 14:40 WIB

SariAgri - Cokelat adalah salah satu makanan favorit semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa menyukai jenis makanan ini. Cokelat juga bisa diolah dalam berbagai kreasi makanan yang menarik dan menggugah selera.

Terbuat dari biji pohon kakao, cokelat merupakan sumber antioksidan terbaik yang sarat nutrisi dan sangat baik untuk kesehatan. Buah dari tanaman yang ditemukan sejak 1400 SM ini disebut-sebut dapat menurunkan resiko penyakit jantung.

Akan tetapi cokelat yang baik untuk kesehatan bukan cokelat manis yang telah diberi campuran bahan lain ya Sobat Agri, cokelat terbaik yang bermanfaat untuk kesehatan adalah jenis cokelat hitam (Dark Chocolate) tanpa campuran bahan lainnya.

Mengutip Healthline, Cokelat hitam mengandung sejumlah serat dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dalam 100 gram cokelat hitam mengandung 600 kalori, 11 gram serat, 67 % zat besi, 58 % magnesium, 89 % tembaga, 98 % mangan dan sejumlah potasium, fosfor, seng dan selenium. Sebab itu, untuk manfaat terbaik, cokelat hitam dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah sedang karena kandungan kalorinya juga cukup tinggi.

Cokelat hitam juga mengandung stimulan seperti kafein dan teobromin, namun tak perlu khawatir karena jumlah kafeinnya terbilang kecil dibanding kopi.

Berikut sederet manfaat mengonsumsi cokelat hitam:

Sumber antioksidan yang kuat

Cokelat hitam sarat dengan senyawa organik yang aktif secara biologis dan berfungsi sebagai antioksidan seperti polifenol, flavanol dan katekin. Sebuah studi menunjukkan bahwa cokelat hitam memiliki lebih banyak aktivitas antioksidan, polifenol, dan flavanol daripada buah lain yang diuji, termasuk blueberry dan acai berry.

Meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah

Flavanol dalam cokelat hitam dapat merangsang endotel, lapisan arteri yang berfungsi untuk menghasilkan oksida nitrat (NO). Salah satu fungsi NO adalah mengirim sinyal ke arteri yang memberi efek rileks, dan menurunkan resistensi terhadap aliran darah sehingga menurunkan tekanan darah.

Meningkatkan HDL dan melindungi LDL dari oksidasi

Mengonsumsi cokelat hitam dapat meningkatkan beberapa faktor risiko penting penyakit jantung. Bubuk kakao secara signifikan menurunkan kolesterol LDL teroksidasi pada pria. Hal ini berarti dapat meningkatkan HDL dan menurunkan LDL total bagi mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Cokelat hitam juga dapat mengurangi resistensi insulin, yang merupakan faktor risiko umum lainnya terhadap penyakit seperti jantung dan diabetes. Dalam sebuah penelitian terhadap 470 pria lanjut usia, mengonsumsi kakao dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50% selama periode 15 tahun.

Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Senyawa bioaktif dalam cokelat hitam juga bagus untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari. Senyawa Flavonol yang terkandung di dalamnya dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, meningkatkan aliran darah ke kulit dan meningkatkan kepadatan dan hidrasi kulit.

Baca Juga: Tak Hanya Bikin Bahagia, Ini 5 Manfaat Ajaib Konsumsi Cokelat Hitam
Bengkuang Raksasa Inovasi Benih Unggul Petani Kediri

Jika kamu merencanakan liburan di pantai, pertimbangkan untuk membeli cokelat hitam pada minggu dan bulan sebelumnya.

Meningkatkan fungsi otak

Cokelat hitam juga dapat meningkatkan fungsi otak. Satu studi terhadap sukarelawan sehat menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam selama lima hari meningkatkan aliran darah ke otak.

Kakao juga secara signifikan meningkatkan fungsi kognitif pada lansia dengan gangguan mental. Selain itu, kakao mengandung zat stimulan seperti kafein dan teobromin, yang mungkin menjadi alasan utama mengapa kakao dapat meningkatkan fungsi otak dalam jangka pendek.