Panen Perdana Bawang Merah di Food Estate Sumatera Utara

Panen Perdana Bawang Merah di Demfarm Food Estate Sumatera Utara. (Puslitbang Hortikultura)

Editor: Arif Sodhiq - Senin, 1 Februari 2021 | 17:15 WIB

SariAgri - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) bersama pihak terkait telah melaksanakan panen perdana bawang merah di lahan demonstration farm (demfarm) food estate hortikultura di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Pelaksanaan program food estate berbasis hortikultura yang berlokasi di Desa Riaria, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan telah berlangsung sekitar enam bulan. Terdapat tiga komoditas utama yang dikembangkan di areal food estate tersebut yaitu sari kentang, bawang merah dan bawang putih. Komoditas yang dipanen perdana akhir pekan lalu adalah bawang merah varietas batu ijo yang dikelolaBadan Litbang Pertanian di atas lahan demfarm seluas 5 hektare.

Bawang merah varietas batu ijo memiliki umur panen 60—65 hari dengan potensi hasil mencapai 16 ton per hektare. Varietas ini memiliki ciri umbi bulat dan berwarna merah
kecoklatan. Varietas batu ijo sesuai untuk dibudidayakan pada musim kemarau dan musim hujan di wilayah dataran tinggi.

Berdasarkan hasil ubinan (perkiraan jumlah hasil yang akan didapat pada saat panen), panen bawang merah batu ijo dapat mencapai 42 ton per hektare panen basah atau sekitar 20 ton per hektare kering. Hasil ini cukup menggembirakan karena lokasi pertanaman merupakan lahan bukaan baru.

Kegiatan panen perdana bawang merah di areal food estate ini dihadiri Kepala Puslitbang Hortikultura Muhammad Taufiq Ratule selaku Penanggung Jawab Kegiatan demfarm, didampingi Kepala Balitsa Harmanto, Kepala BPTP Sumatera Utara, dan Kepala KP Brastagi selaku koordinator lapangan demfarm.

Muhammad Taufiq Ratule mengapresiasi tim yang sudah bekerja keras mengawal penerapan teknologi dari awal hingga panen perdana. Dia mengharapkan agar petani kooperator yang terlibat tetap bersemangat dan optimistis untuk keberlanjutan kegiatan ini ke depannya.

Baca Juga: Panen Perdana Bawang Merah di Food Estate Sumatera Utara
Cegah Corona, Konsumsi Bawang Hitam untuk Tingkatkan Imun

Presiden Joko Widodo telah mencanangkan program food estate sebagai bagian dari upaya penyiapan cadangan pangan dalam mengantisipasi krisis pangan dunia akibat kekeringan atau pandemi COVID-19. Ada dua provinsi yang telah ditetapkan menjadi lokasi pengembangan food estate yaitu Kalimantan Tengah dan Sumatera Utara.

Kabupaten Humbang Hasundutan dipiliih sebagai kawasan food estate di Sumatera Utara karena lokasinya berada di ketinggian lebih dari 1.200 m di atas permukaan laut dengan kondisi agroklimat yang cocok untuk pengembangan komoditas kentang, bawang putih dan bawang merah.

Video Terkait