5 Jenis Sup Ini Cocok Dinikmati Saat Musim Hujan

Ilustrasi sop iga. (Foto: Istimewa)

Editor: M Kautsar - Minggu, 24 Januari 2021 | 13:00 WIB

SariAgri - Sup adalah sebuah hidangan yang terbuat dari beberapa bahan yang ditambahkan kaldu dari ayam, daging, ikan atau sayuran. Biasanya sup disajikan sebagai menu pembuka atau pelengkap dari makanan pokok.

Kaldu atau kuah sup bisa berupa kuah kental atau kuah bening dengan menyesuaikan dengan bahan yang ditambahkan ke dalamnya.

Di indonesia, selain minuman hangat seperti aneka jenis wedang berbahan dasar jahe, sup juga identik sebagai menu makanan yang cocok disantap saat cuaca dingin. Berikut 5 jenis sup paling populer khas nusantara dan mudah ditemukan baik di kaki lima sampai hotel bintang lima.

Sup Iga

Sup khas Indonesia ini begitu populer sebagai salah satu menu sup paling mudah ditemukan di restoran manapun. Terdiri dari potongan iga sapi yang masih memiliki daging tebal disajikan bersama wortel, kentang, tomat dan daun seledri, ditambah kuah kaldu dari rebusan iga sapi sangat cocok disantap saat udara dingin. Sebagai penambah aroma gurih dan segar sup iga biasanya ditambahkan taburan bawang goreng dan perasaan jeruk limau. Terbayang segar dan gurihnya kan.

Sup Tunjang

Sup asal Pekanbaru ini memiliki kuah berwarna bening cenderung kekuningan yang diracik dengan bumbu dapur seperti jahe, bawang merah, bawang putih, cengkeh dan kemiri. Isinya berupa kaki sapi muda berisi sumsum tulang yang lezat dan gurih menggugah selera.

Sebagai pelengkap tak lupa potongan wortel, kentang, dan daun bawang. Sup ini biasanya disajikan dengan nasi hangat sangat cocok disantap saat dingin di musim hujan.

Sup Buntut

Menu sup yang satu ini tidak kalah nikmat, sesuai namanya, sup buntut terdiri dari potongan ekor sapi yang direbus hingga lunak. Ekor sapi memang terkenal dengan dagingnya yang lembut dan gurih dan termasuk kuliner yang disukai di sejumlah negara.

Sup buntut juga disajikan dengan irisan kentang, wortel, tomat, seledri dan daun bawang ditambah kuah kaldu yang bening dan segar. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih dan rempah-rempah lokal seperti merica, pala dan cengkeh.

Variasi sup buntut yang relatif baru adalah “sup buntut goreng” yang disajikan dengan cara berbeda yaitu ekor sapi yang dibumbui dan digoreng kemudian disajikan dengan kuah yang terpisah.

Sup Kimlo

Sup khas Indonesia bukan cuma berbahan daging dan ikan, sup kimlo asal Solo ini terdiri dari campuran beberapa bahan yang tak kalah lezat. Isinya berupa suwiran daging ayam, kembang tahu, jamur kuping, wortel, bunga sedap malam dan sohun.

Rupanya sup kimlo merupakan kuliner perpaduan budaya Tionghoa dan Jawa yang populer disajikan dalam berbagai acara apapun karena pembuatannya cukup simpel tapi rasanya tetap lezat, gurih dan segar.

Sup Jagung

Jagung merupakan bahan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai resep makanan apapun. Selain dinikmati sebagai cemilan seperti pop corn, jagung bakar atau rebus, jagung biasanya jadi bahan pelengkap masakan seperti sayur asem, sayur bayam dan sebagainya.

Jagung juga cocok dibuat sup seperti sup jagung telur atau sup krim jagung. Butiran jagung ditambah gurihnya telur dan kaldu ayam membuat sup ini terasa gurih dengan sensasi lembut dan renyah saat disantap. Sup jagung biasanya disajikan sebagai menu pembuka dan cocok disantap selagi hangat.

Video Terkait