Sering Mengorok Saat Tidur? Atasi dengan 5 Makanan Ini

Ilustrasi Madu (Pixabay)

Editor: Dera - Selasa, 19 Januari 2021 | 20:45 WIB

SariAgri - Mendengkur atau ngorok adalah mengeluarkan suara keras ketika tidur. Hal ini merupakan gangguan kesehatan yang perlu ditangani.

Selain itu, mendengkur bisa mengganggu orang yang sedang tidur di sebelahnya. Dengkuran terjadi karena ada halangan dalam saluran napas. Saat udara melewati otot dan jaringan lain di tenggorokan yang mengalami relaksasi, sumbatan sebagian dapat terjadi di saluran napas yang memicu getaran sehingga muncul suara dengkuran.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang mengalami dengkuran yang cukup keras di sepanjang malam tidurnya. Merangkum dari berbagai sumber, berikut 5 makanan yang bisa mengatasi dengkuran:

1. Madu

Madu merupakan obat herbal yang dipercaya sangat efektif untuk menghentikan kebiasaan mendengkur. Caranya, Sobat Agri hanya perlu mencampurkan madu ke dalam minuman hangat, lalu minumlah sebelum tidur.

Menurut penelitian, madu memiliki sifat inflamasi dan antimikroba yang efektif untuk mencegah tenggorokan tersumbat. Selain itu, dengan rajin mengonsumsinya, madu juga dapat mengurangi pembengkakan tenggorokan.

2. Ikan

Ikan dapat menjadi menu makan malam yang lebih sehat, dibandingkan mengonsumsi daging merah yang mengandung banyak lemak jenuh tak sehat yang dapat menyebabkan kram pada pembuluh darah dan mengakibatkan radang yang berdampak pada dengkuran hebat di malam hari.

3. Minyak zaitun

Salah satu penyebab mendengkur di malam hari, mungkin saja karena adanya radang saluran yang memanjang dari tenggorokan ke perut (Esofagus). Secara umum, radang inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab mengapa sering mendengkur saat tidur. Untuk mengobati radang ini, mengonsumsi minyak zaitun sangat disarankan karena mengandung lemak tak jenuh yang baik untuk mengobati radang di esofagus.

Baca Juga: Sering Mengorok Saat Tidur? Atasi dengan 5 Makanan Ini
Bak Ramuan Suci, Ini Khasiat Teh Kemangi Bagi Kesehatan Tubuh

4. Teh chamomile

Salah satu jenis teh yang dapat mencegah mendengkur adalah teh chamomile. Teh ini efektif untuk mengurangi radang di tenggorokan yang mengakibatkan mendengkur. Caranya, cukup seduh teh chamomile di malam hari lalu minum sebelum tidur.

5 Susu Kedelai

Menurut penelitian, susu sapi membuat hidung tersumbat sehingga membuat Sobat Agri mendengkur saat tertidur. Untuk mengatasinya, beralihlah ke susu kedelai yang kandungan lemaknya lebih sedikit. Susu kedelai mampu menjadi salah satu obat untuk mengatasi dengkuran pada malam hari.