Kendalikan Gula Darah dengan Ramuan Teh Bawang Putih dan Kayu Manis

Teh Bawang Putih, Kayu Manis, Lemon. (Food.ndtv.com)

Editor: Dera - Rabu, 6 Januari 2021 | 11:30 WIB

SariAgri - Angka penderita diabetes di Indonesia kian meningkat setiap tahunnya. Bahkan di masa pandemi mencapai 6,2 persen, yang artinya ada lebih dari 10,8 juta orang menderita diabetes per tahun 2020, data tersebut diperoleh dari International Diabetes Federation (IDF).

Melihat jumlah penderita diabetes yang kian mengkhawatirkan, masyarakat pun diimbau untuk menerapkan pola hidup sehat agar kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. 

Nah, jika Sobat Agri tak ingin kadar gulamu naik, coba deh ramuan tradisional yang lebih alami dan berkhasiat bagi tubuh seperti bawang putih, kayu manis dan lemon.

Ketiga bahan makanan itu dipercaya membantu mencegah lonjakan cepat kadar gula darah. Karenanya, baik bawang putih dan kayu manis disebut-sebut sebagai 'makanan super diabetes' karena khasiat menurunkan kadar gula darah.

Mengutip food.ndtv.com, bawang putih memiliki skor indeks glikemik rendah. Bahan bumbu dapur ini juga merupakan sumber vitamin B-6 yang memainkan peran penting dalam metabolisme karbohidrat.

Banyak penelitian telah menunjukkan hubungan antara konsumsi bawang putih dan kontrol gula darah, baik bawang putih mentah maupun yang dimasak dianggap bermanfaat. Bawang putih juga merupakan sumber vitamin C yang baik, yang merupakan komponen penting lain dari manajemen diabetes.

Kayu manis juga bisa berfungsi sebagai pengganti gula yang sempurna untuk penderita diabetes. Menurut NCBI, kayu manis bisa membantu mengatur sensitivitas insulin karena kaya akan antioksidan yang membantu melawan aktivitas radikal bebas.

Aktivitas radikal bebas ditandai dengan reaksi berantai yang berdampak pada sel kita, menyebabkan banyak masalah kronis seperti diabetes.

Menurut buku 'Healing Foods' oleh DK Publishing House, "Kayu manis adalah baik untuk pencernaan karena membantu menormalkan kadar glukosa dan trigliserida (sejenis lemak) dalam darah, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung."

Meskipun demikian, ahli gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan, Shilpa mengatakan bahwa kamu tidak boleh mengonsumsi lebih dari 5 gram kayu manis setiap hari. Sementara itu, lemon juga merupakan sumber antioksidan yang sangat kuat, terutama vitamin C.

Baca Juga: Kendalikan Gula Darah dengan Ramuan Teh Bawang Putih dan Kayu Manis
Stok Akhir Tahun Menjadi Saldo Awal Neraca Gula Tahun 2021

Mlelihat khasiat yang luar biasa dari bawang putih, kayu manis dan lemon tersebut, berikut resep ramuan yang bisa  kamu coba agar gula darahmu tetap terkontrol. 

Bahan-bahan yang diperlukan:

- 2 gelas air
- Kulit kayu manis 1 inci
- 2 siung kecil bawang putih tumbuk
- 1 sendok teh jus lemon

Cara membuatnya:

1. Didihkan air dan kayu manis dalam wadah
2. Setelah air mendidih, tambahkan bawang putih. Biarkan mendidih selama 4-5 menit lagi, lalu tambahkan jus lemon
3. Saring dan sajikan.

Ramuan teh pun siap dinikmati dan Sobat Agri bisa merasakan manfaatnya.