5 Olahan Kedelai yang Digemari di Jepang

Ilustrasi tofu (Pixabay)

Penulis: Arif Sodhiq, Editor: Redaksi Sariagri - Senin, 4 Januari 2021 | 10:00 WIB

SariAgri - Kedelai merupakan salah satu bahan pangan kaya nutrisi yang sangat populer di Asia. Hampir semua negara di Asia memiliki olahan kedelai yang lezat, tidak terkecuali Jepang.

Di Negeri Sakura ada beberapa olahan kedelai yang terkenal dan mirip dengan di Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber, berikut makanan olahan kedelai yang digemari di Jepang:

1. Irimame

Irimame adalah camilan khas Jepang yang dibuat dengan cara dipanggang. Makanan ini biasanya disajikan dengan cita rasa asin dan manis.

2. Tofu

Tofu merupakan tahu dalam bahasa Jepang. Berbeda dengan tahu Indonesia, tofu memiliki tekstur lebih lembut sehingga sering disebut tahu sutra.

Berita Pangan - Baca Juga: Ketergantungan Impor Berdampak pada Produksi Kedelai Dalam Negeri
Tepung Rumput Laut Bisa Pengaruhi Tekstur Bakso

3. Tonyu

Tonyu adalah susu kedelai khas Jepang. Biasanya minuman ini disajikan dengan variasi rasa seperti matcha, plum atau sakura.

Baca Juga: 5 Olahan Kedelai yang Digemari di Jepang
Ketergantungan Impor Berdampak pada Produksi Kedelai Dalam Negeri

4. Kinako

Kinako adalah bubuk kedelai yang sering menjadi isian mochi. Selain toping, makanan mirip tepung ini juga sering dijadikan taburan beberapa hidangan lain.

5. Miso

Miso adalah kedelai fermentasi Jepang berbentuk pasta. Olahan kedelai ini merupakan salah satu bumbu utama untuk masakan Jepang. (Istihanah Soejoethi)

Harga Pangan - Kisah haru gadis Cantik yang Menginspirasi

Video Terkait