Tahun Baru? Cicipi Menu Masakan Khas Kalimantan Ini

Sate ikan pari khas Kalimantan. (Foto: Pemprov Kaltara)

Penulis: M Kautsar, Editor: Redaksi Sariagri - Jumat, 1 Januari 2021 | 06:00 WIB

SariAgri - Selain terkenal akan kekayaan sumber alam dan hutan, Pulau Kalimantan juga menyimpan segudang potensi komoditas perairan berupa ikan. Tak heran, di daerah ini para pecinta ikan dapat dengan mudah menemukan aneka makanan khas olahan ikan yang unik dan menggugah selera.

Di Kalimantan potensi hasil laut berupa ikan cukup berlimpah. Sebut saja Kalimantan Selatan. Dengan panjang garis pantai lebih kurang 1.331,091 km, provinsi ini punya potensi perikanan cukup besar. Baik perikanan air laut, air payau, perairan umum dan air tawar.

Sementara di Kalimantan Timur dan Selatan ikan patin menjadi komoditas unggulan dan banyak dibudidayakan.

Jenis ikan yang dibudidayakan berbagai macam, baik lokal maupun non lokal. Selain patin, ada juga ikan toman, gabus, betok,  tambakan,  nilem, jelawat, dan ikan bakut.

Jika kamu pecinta kuliner berbahan ikan, berikut beberapa makanan olahan ikan yang harus dicicipi kalau berkunjung ke Kalimantan.

1. Gance Ruan

Gance ruan merupakan makanan khas rica-rica dari Kutai Kartanegara. Ruan merupakan nama yang diambil dari nama ikan yang digunakan, yaitu ikan haruan atau ikan gabus. Sedangkan Gance adalah nama dari bumbu khas hidangan ini.

Pengolahan gence ruas sekilas mirip seperti ikan bakar Manokwari. Setelah ikan gabus dibersihkan dan dibelah menjadi dua bagian, ikan lalu dibakar. Sebelum dibakar, ikan dilumuri dengan menggunakan garam sebagai bumbu.

Ikan yang matang akan dilumuri kembali dengan racikan bumbu halus gence ruan yang terdiri dari cabai, bawang merah, bawang putih, cabai besar, gula, garam, air, asam Jawa, lalu ditumis.

Berita Pangan - Baca Juga: Perkenalkan Sorgum, Tanaman Pangan yang Tahan Terhadap Musim Kemarau
Pakar: Benih dengan Postur Tinggi Cocok untuk Lahan Rawa

Soal rasa, dijamin, siapa pun pasti tergoda menyantap makanan satu ini.

2. Saluang Bagoreng

Ikan saluang ini bentuknya mirip ikan bilis. Rasanya pun gurih dan dapat dimakan berikut dengan tulangnya.  ikan saluang biasanya disajikan dengan lalapan. Sangat nikmat jika ditambah sayur, nasi hangat dan sambal.

Ikan ini sayangnya masih sulit dibudidayakan. Sejauh ini, produksi ikan saluang masih mengandalkan hasil tangkapan masyarakat nelayan sungai yang tersebar di sepanjang daerah aliran sungai Barito.

3. Asam Pedas Tempoyak

Tempoyak adalah kuah fermentasi dari buah durian. Di Kalimantan, tempoyak lazim dipadupadankan dengan ikan air tawar seperti ikan patin atau nila. Dengan racikan aneka bumbu yang kuat dan asam jawa membuat cita rasa makanan ini amat khas.

Asam pedas tempoyak cocok dinikmati mereka penggemar makanan pedas. Bumbu yang meresap hingga ke daging menciptakan sensasi rasa yang eksotik, dan tentunya nikmat.

4. Ikan Asin Rica

Ikan asin richa berasal dari salah satu daerah Kalimantan Utara yaitu Tarakan. Makanan yang cukup populer ini biasa juga disebut dengan ikan asin pedas atau gami. Ikan asin rica biasanya dijadikan sebagai pelengkap makanan. Dan akan lebih nikmat lagi jika disajikan dengan sayur singkong tumis dan nasi.  

5. Iwak Pakasam

Kuliner khas Banjar ini menggunakan ikan air tawar seperti ikan gabus atau ikan papuyu sebagai bahan utama.

Keunikan iwak pakasam adalah olahan racikan bumbunya yang menggunakan beras sangrai yang dicampur kunyit. Racikan beras dan kunyit ini dibaluri pada ikan, lalu didiamkan untuk waktu beberapa lama. Layaknya proses pengasinan.

Ikan ini disajikan dengan cara digoreng, dengan rasa gurih yang sudah pasti menambah selera makan.

6. Papuyu Baubar

Jenis ikan yang digunakan pada masakan ini adalah ikan betok. Rasanya cenderung manis lantaran menggunakan kecap dalam proses pembuatannya.

9. Sate Ikan Pari

Kalau bosan dengan sate daging, kamu wajib mencicipi makanan satu ini. Sate ikan pari ini menjadi salah satu makanan khas Kalimantan yang cukup digemari.

Ikan pari diolah dengan cara dipotong menyerupai dadu, lalu direndam menggunakan perasan jeruk nipis untuk meminimalisir bau amis. Setelah dibumbui, sate kemudian dipanggang.

Berbeda dengan sate pada umumnya yang memakai kecap atau saus bumbu kacang, saus sate pari disajikan dengan racikan khusus. Yakni sambal botol yang dicampur bawang merah, tomat, gula, dan garam.

Sambut tahun baru, jangan lupa mencicipi salah satu makanan unik khas Kalimantan ini ya.

Harga Pangan - Kisah Haru Gadis Cantik Yang Menginspirasi

Video Terkait