Lima Makanan Sehat untuk Para Pelari

Ilustrasi perempuan berlari (Foto: Pixabay)

Editor: M Kautsar - Kamis, 10 Desember 2020 | 20:01 WIB

SariAgri - Berlari menjadi olahraga murah dan tidak memerlukan banyak modal. Kamu hanya menyiapkan fisik dan niat untuk berlari.

Tetapi, untuk menunjang fisik yang tanggung kamu perlu mengonsumsi makanan yang tepat. Pasokan karbohidrat perlu banyak.

Untuk menjaga stamina tubuh Sobat Agri, kamu bisa mengonsumsi beberapa makanan ini. Dikutip dari Halodoc, berikut makanan yang bisa menjaga staminamu saat berlari.

Pisang

Ilustrasi <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/37306/Pisang.html'>pisang</a> (Thinkstock)
Ilustrasi pisang (Thinkstock)

Pisang mengandung banyak vitamin B6. Jenis vitamin ini baik untuk meningkatkan performamu selama berlari.

Karbohidrat dalam pisang mudah dicerna tubuh. Dengan mengonsumsi pisang, kamu juga bisa terhindar dari kram otot karena bantuan kandungan potasiumnya.

Kismis

Ilustrasi kismis (Foto: Pixabay)
Ilustrasi kismis (Foto: Pixabay)



Buah kering ini menyimpan banyak karbohidrat untuk mendukung asupan energi untuk tubuh.

Seorang pelari yang mengonsumsi kismis sebelum berlari mampu menjaga langkahnya dari pada hanya mengonsumsi air putih. Konsumsi kismis 30 menit sebelum olahraga.

Apel

Apel <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/37513/Kayu.html'>kayu</a> di pohon (Pixabay)
Apel Kayu di pohon (Pixabay)

Buah yang satu ini mengandung banyak vitamin yang baik untuk menjaga stamina. Untuk memaksimalkannya, Sobat Agri bisa mengonsumi apel sebelum berlari. Rajin mengonsumsi buah apel juga baik untuk menjaga stamina tubuh.

Kopi

Di kedai <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/18651/Kopi.html'>kopi</a> Gincu, lanjut Hendrik, ada beberapa menu spesial yang ditawarkan. Salah satu yang mencuri perhatian banyak orang ialah Kopi Signature Gincu. Merupakan perpaduan biji kopi house blend yang dicampur dengan sari <a target='_BLANK' href='//sariagri.id/article/topic/10532/Mangga.html'>mangga</a> gedong gincu. Olahan ini disajikan dalam bentuk es kopi.(Foto: SariAgri/Nur Rohman)
Di kedai Kopi Gincu, lanjut Hendrik, ada beberapa menu spesial yang ditawarkan. Salah satu yang mencuri perhatian banyak orang ialah Kopi Signature Gincu. Merupakan perpaduan biji kopi house blend yang dicampur dengan sari mangga gedong gincu. Olahan ini disajikan dalam bentuk es kopi.(Foto: SariAgri/Nur Rohman)

Kafein yang terkandung dalam kopi juga baik untuk memaksimalkan staminamu. Usahakan minum kopi satu jam sebelum berlari.

Tapi ingat, jangan minum kopi dengan campuran gula atau susu. Kopi murni yang kamu konsumsi bisa mencegahmu dari nyeri otot, melancarkan sirkulasi darah, dan meningkatkan ketahanan fisik.

Video Terkait



Baca Juga: Lima Makanan Sehat untuk Para Pelari
Daftar Makanan Sehat yang Bisa Kamu Stock Selama Isolasi Diri