Lima Tepung Bebas Gluten yang Cocok untuk Diet

Ilustrasi tepung (Pixabay)

Editor: M Kautsar - Senin, 30 November 2020 | 09:01 WIB

SariAgri - Tepung merupakan bahan umum dalam banyak makanan, termasuk roti, makanan penutup, dan mie. Ini juga sering digunakan sebagai pengental dalam saus dan sup.

Untuk sebagian orang, konsumsi tepung terigu emang tidak masalah. Namun, hal ini akan menjadi masalah bagi mereka yang memiliki alergi gluten atau yang sedang menjalani program diet.

Melansir Healthline.com berikut lima jenis tepung gluten yang cocok untuk diet.

Tepung almond

Tepung almond adalah salah satu tepung gandum dan bebas gluten yang paling umum. Itu terbuat dari kacang almond yang sudah dibuang kulitnya.

Tepung almond mengandung banyak mineral, di antaranya zat besi, magnesium, kalsium, kalium, tembaga, dan mangan. Ini juga merupakan sumber vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang baik.

Tepung soba

Soba berasal dari keluarga pseudocereals, sekelompok biji-bijian yang dimakan seperti sereal tetapi bukan keluarga rumput.

Tepung ini mengandung berbagai vitamin B dan kaya akan mineral besi, folat, magnesium, seng, mangan dan serat. Tepung soba juga tinggi antioksidan, khususnya polifenol rutin, yang memiliki sifat anti-inflamasi.

Tepung sorgum

Tepung sorgum terbuat dari biji-secara alami bebas gluten dan dianggap sebagai biji-bijian sereal terpenting kelima di dunia.

Biji sorgum tinggi serat dan protein, yang dapat membantu memperlambat penyerapan gula. Selain itu, sorgum juga mengandung banyak zat besi mineral, serta antioksidan yang membantu Sobat Agri melawan peradangan.

Tepung beras merah

Tepung beras merah terbuat dari beras merah yang digiling. Tepung ini tinggi protein dan serat, yang keduanya dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan berat badan.

Tepung inu juga kaya zat besi, vitamin B, magnesium dan mangan, serta senyawa tanaman yang disebut lignan. penelitian menunjukkan bahwa lignan membantu melindungi dari penyakit jantung.

Tepung oat

Tepung oat dibuat dari biji gandum utuh. Jenis tepung ini sangat cocok untuk olahan yang dipanggang.

Oat mengandung sejenis serat larut yang disebut beta-glukan, yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat ini dapat membantu menurunkan kolesterol LDL "jahat", serta gula darah dan kadar insulin.

Mereka juga kaya nutrisi lain seperti protein, magnesium, fosfor, vitamin B dan kelompok antioksidan avenanthramides