Mengenal Couscous, Makanan Penuh Nutrisi dari Timur Tengah

Ilustrasi Couscous. (Pixabay)

Editor: Dera - Rabu, 25 November 2020 | 17:45 WIB

SariAgri - Couscous adalah makanan yang berasal dari negara-negara Timur Tengah maupun kawasan Afrika Utara seperti Maroko, Mesir, Tunisia, Libya, Lebanon maupun Arab.

Namun kini Couscous juga populer di negara Eropa seperti Prancis, Itali, Spanyol dan Sisilia. Mereka mengonsumsi makanan ini sebagai makanan pokok seperti halnya nasi di Asia.

Couscous terbuat dari gandum durum yang dipecahkan menjadi tepung yang disebut Semolina. Bentuknya bulat kecil hampir mirip beras dan bisa dimasak dengan cepat. Ada tiga jenis Couscous yang populer dikonsumsi yaitu Morrocan couscoes yang memiliki butiran lebih kecil dan hanya perlu waktu sebentar untuk memasaknya.

Israeli couscous yang berukuran lebih besar seperti merica dan membutuhkan waktu yang lama untuk memasaknya. Terakhir Lebanese couscous yang memiliki ukuran paling besar dari keduanya.

Couscous adalah salah satu makanan yang sangat bernutrisi, di dalamnya terkandung protein, zat besi, karbohidrat dan serat yang tinggi juga sejumlah vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan satu cangkir couscous bisa memberikan 35 persen kebutuhan nutrisi orang dewasa.

Ilustrasi Salad Couscous. (Pixabay)
Ilustrasi Salad Couscous. (Pixabay)

Kandungan selenium Couscous adalah yang tertinggi, lebih dari 60 persen kebutuhan selenium harian pada orang dewasa bisa dpenuhi dengan hanya mengonsumsi 157 gram Couscous. Selenium adalah antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh memperbaiki sel dan jaringan yang rusak akibat pengaruh radikal bebas dan inflamasi.

Baca Juga: Mengenal Couscous, Makanan Penuh Nutrisi dari Timur Tengah
Tingkatkan Daya Saing, UKM Batu Dapat Bimtek dan Pendampingan

Dalam penyajiannya, masyarakat di kawasan Timur Tengan maupun Afrika mengolahnya menjadi nasi kebuli, isian sup atau campuran bahan karbohidrat lain seperti nasi atau kentang. Couscous juga bisa dihidangkan dengan campuran daging atau sayuran untuk menambah citarasanya.

Couscous biasanya dijual dalam bentuk mentah, namun kini banyak yang menjualnya dalam bentuk instan dalam kemasan yang telah dibumbui sehingga praktis bisa langsung dimasak. (Sariagri/Aretha Luvi)