6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi, Ampuh Jaga Imun Tubuh

ilustrasi buah-buahan (Pixabay)

Editor: Dera - Jumat, 13 November 2020 | 16:00 WIB

SariAgri - Khasiat vitamin C bagi tubuh memang cukup menakjubkan. Ini adalah salah satu nutrisi sehat yang membantu mencegah tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, menjaga kesehatan jantung dan diabetes, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Selain itu, dosis harian vitamin C diketahui dapat meningkatkan kesehatan kekebalan untuk kebugaran secara keseluruhan, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Kekebalan yang baik membantu mencegah masalah pernapasan, salah satu gejala utama COVID-19.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, menyatakan bahwa vitamin C dapat membantu mengobati orang yang terkena virus Corona.

Selain mencegah masalah pernapasan, Vitamin C juga dikenal dapat meningkatkan kesehatan paru-paru secara keseluruhan. Penelitian lain yang diterbitkan dalam European Respiratory Journal, menemukan bahwa vitamin C memiliki efek anti-inflamasi pada paru-paru. Beberapa penelitian lain di seluruh dunia juga menemukan hubungan vitamin C dan pengurangan fibrosis paru-paru, risiko kanker paru-paru, dan banyak lagi.

Mengutip dari food.ndtv.com, berikut daftar 6 buah yang dapat memberi dosis harian Vitamin C untuk membantu mencegah masalah pernafasan dan meningkatkan Kesehatan paru-paru:

1. Jeruk

Menikmati jeruk manis dan berair, selain memuaskan selera juga menjadi pilihan populer karena kaya nutrisi. Jeruk adalah gudang vitamin C, serat dan antioksidan yang membantu meningkatkan kekebalan, meningkatkan kesehatan usus dan banyak lagi.

2. Jambu biji

Bayangan tentang jambu biji kerap membawa kita kembali ke masa kecil. Renyah, berdaging dan terasa paling enak jika ditemani garam, gula dan cabai merah. Selain itu, jambu biji juga dikenal dengan nutrisi luar biasa yang menjadikannya buah yang ideal untuk menurunkan berat badan, membangun kekebalan yang kuat dan mengelola diabetes.

3. Delima

Delima bisa dinikmati sebagai salad atau dimakan apa adanya, Selain rasanya yang sangat lezat, mutiara merah yang berair ini adalah sumber nutrisi yang dikenal dapat melawan virus dan meningkatkan kekuatan secara keseluruhan.

4. Strawberry

Stroberi ibarat paket kesehatan yang lengkap. Buah ini diperkaya dengan vitamin, serat, antioksidan, mineral dan tidak mengandung kolesterol, kalori dan lemak. Sifat-sifat tersebut membuat stroberi menjadi makanan yang layak untuk dikonsumsi secara rutin. 

Baca Juga: 6 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tinggi, Ampuh Jaga Imun Tubuh
Tiga Cara Tingkatkan Kesuburan dengan Alpukat

5. Kiwi

Buah lain yang tak kalah menakjubkan adalah kiwi. Sesuai data USDA (Kementerian pertanian AS), hanya 100 mg kiwi bisa memberimu 74,7 gram vitamin C. Oleh karena itu, jadikanlah kiwi sebagai bagian dari rencana makan harian Sobat Agri untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Anggur

Rasa asam manis dari kebaikan buah berukuran kecil ini menambah semburan rasa ke langit-langit mulutmu. Selain rasanya yang lezat, anggur juga dikenal sebagai harta karun nutrisi yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. (Sariagri/Marthin)