Konsep Food Estate Humabas Bangun Kawasan Hortikultura Terpadu

Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Foto:Kementan)

Editor: Arif Sodhiq - Selasa, 27 Oktober 2020 | 18:00 WIB

SariAgri - Menteri pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan kunjungan Presiden jokowi ke Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara (Sumut) untuk melihat kesiapan food estate yang akan dikembangkan di lahan seluas 30.000 ha.

Pada tahun 2020, target pembangunan kawasan food estate Humbahas seluas 1.000 ha terdiri dari seluas 215 ha dari APBN Kementan, sedangkan seluas 785 ha dikelola pihak swasta.

"Lahan-lahan itu akan menjadi bagian dari contoh koperasi pertanian dari hulu ke hilir dari budidaya pascapanen dan kemudian di industri kan dan tiga komoditi dasar yang Bapak Presiden perintahkan kepada kami untuk diujicobakan di Sumatera Utara," ujar Mentan melalui keterangan tertulis, Selasa (27/10/2020).

Mentan mengatakan pengembangan kawasan food estate merupakan kolaborasi antara kementerian/lembaga dengan pemerintah setempat dengan tanggung jawab berbeda.

"Tentu saja bersama Bapak Gubernur Sumatera Utara dan kementerian lainnya Ada Kementerian LHK, Kemenko, BPN, Kementerian Pertanian dan lainnya," katanya.

Konsep food estate hortikultura bertujuan membangun kawasan hortikultura terpadu yang berdaya saing, ramah lingkungan dan modern. Selain itu juga membangun sinergitas dengan stakeholders serta mendorong terbentuknya kelembagaan petani berbasis korporasi.

"Pembangunan korporasi sampai di industri ini menjadi bagian-bagian yang akan dikembangkan. Jangan kita cuman jago di budidaya on farm tetapi off farm-nya juga. Dalam hal ini olah petiknya dengan baik di pabrikasi dan di industri nilainya bisa lebih besar didapat oleh petani," katanya.

Baca Juga: Konsep Food Estate Humabas Bangun Kawasan Hortikultura Terpadu
Jadi Polemik, Data Pangan Indonesia Berbeda-beda Berimbas Pada Kebijakan

Mentan menambahkan pengembangan proyek food estate akan digarap perusahaan dan industri besar. Selain itu, peran besar dari masyarakat Kabupaten Humbahas baik di hulu hingga hilir juga harus dilibatkan secara aktif.

"Selalu saja Bapak Presiden meminta supaya pelibatan masyarakat setempat secara maksimal dilakukan dan itu akan kita coba lakukan untuk kesejahteraan masyarakat Humbahas," pungkasnya. (Istihanah Soejoethi)