Cuci Beras yang Benar, Rahasia Buat Nasi Jadi Enak

Nasi Pulen (Unsplash)

Editor: Idho - Jumat, 9 Oktober 2020 | 10:30 WIB

SariAgri - Saat memasak nasi, yang perlu kamu lakukan hanya mencuci beras, memasukkan beras yang sudah bersih ke dalam rice cooker dan merendamnya dengan air, kemudian nyalakan.

Sisanya tinggal serahkan ke rice cooker yang bekerja hinga nasi matang. Namun terkadang kita enggak selalu mendapat rasa nasi yang diinginkan, pulen dan wangi.

Mengapa demikian? Jawabnya karena kamu memasak semua jenis beras dengan cara yang sama. Padahal, setiap jenis beras memiliki tingkat penyerapan air yang berbeda-beda.

Yup, rahasia memasak nasi agar enak berawal dari cara mencuci beras. Selain soal rasa, alasan kita perlu mencuci beras sebelum dimasak yaitu karena kebersihan.

Mencuci beras dinilai penting karena beras telah melewati banyak proses sebelum dimasukkan ke karung. Jadi, sangat memungkinkan ada kotoran dan debu yang ikut masuk ke dalamnya.

Selanjutnya, alasan kita perlu mencuci beras yaitu untuk menghidrasi beras. Ketika biji-biji ini berada di dalam karung, sifatnya sedikit kering. Nah, biji-biji akan mulai menyerap air setelah dibilas atau dicuci.

Mencuci beras juga bisa menghempaskan residu yang bertepung melapisi bagian luar setiap butir beras. Memasak dengan residu ini bisa membuat tekstur nasi menjadi lengket.

Lalu bagaimana cara mencuci beras yang disarankan?

Kamu mungkin bisa mencoba metode saringan. Gunakan saringan dengan jaring logam halus (satu yang cukup besar untuk nasi kamu). Kemudian, kucurkan air hangat atau dingin di atas beras.

Jika kamu mengalami kesulitan saat mengukur kejernihan dalam air yang mengalir melalui jaring, coba masukan beberapa beras ke dalam gelas bening.

Selain metode saringan, kamu juga bisa mencoba metode mangkok. Caranya, masukkan beras ke dalam mangkuk dan tambahkan air secukupnya.

Baca Juga: Cuci Beras yang Benar, Rahasia Buat Nasi Jadi Enak
Beras Hitam Dengan Kandungan Super di Dalamnya

Kemudian, buang air beras tersebut dan tambahkan air baru. Lakukan secara berulang hingga beras benar-benar terlihat bersih.

Kebanyakan, orang-orang akan memilih metode mangkok karena dinilai lebih mudah dan tidak menghabiskan banyak air, karena tidak perlu membiarkan air mengalir terus menerun dari keran.

Semoga membantu!