Daftar Makanan Sehat yang Bisa Kamu Stock Selama Isolasi Diri

Daftar Makanan Sehat yang Bisa Kamu Stock Selama Isolasi Diri (Unsplash)

Editor: Idho - Kamis, 17 September 2020 | 17:30 WIB

SariAgri - Buat Sobat Agri yang kembali lagi bekerja dari rumah selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), harus tetap ingat untuk selalu menjaga asupan makanan sehat, ya.

Namun bukan berarti harus harus menyetok segala jenis makanan sehat yang ada. Cukup persiapkan makanan yang kamu butuhkan saja.

Melansir Antara News, ahli gizi Samantha Cassetty memberikan rekomendasi makanan yang sebaiknya tersedia di dapur kamu, termasuk lemari es di tengah pandemi ini.

Nah kira-kira apa saja sih? Yuk intip ulasannya di bawah ini:

Buah-buahan

1. Buah-buah tahan lama seperti pisang, apel, anggur dan jeruk yang meningkatkan kekebalan adalah pilihan yang baik untuk ditambahkan ke lemari es kamu. Buah-buahan ini juga dapat dibekukan untuk camilan atau digunakan saat membuat smoothie.

2. Buah-buahan beku kaya serat seperti nanas, mangga dan buah persik mengandung fitonutrien yang meningkatkan imunitas.

3. Buah beku kering mengandung vitamin dan mineral antara lain blueberry, mangga.

4. Buah kalengan tanpa tambahan gula pilihan yang baik.

Sayuran

1. sayuran seperti bayam, kembang kol harus menjadi fondasi sebagian besar makanan kamu selama kamu tinggal di rumah.

Pilihan lainnya, kangkung dan wortel untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh kamu sekaligus variasi makanan di rumah.

3. Sayuran kalengan misalnya zaitun kalengan juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk kamu makan.

Protein

1. Kacang-kacangan dan pastikan tidak ada garam tambahan. Kalaupun ada, bilas dulu dengan air mengalir sehingga sebagian natrium bisa hilang.

Sejumlah kacang yang bisa menjadi pilihan antara lain pistachio, kacang tanah dan kacang almond untuk meningkatkan nutrisi dan rasa dari berbagai makanan dan camilan.

Di sisi lain, bisa juga biji yang kaya serat seperti biji labu, biji chia dan biji rami untuk memasok protein, dan dapat ditambahkan ke sarapan Anda atau digunakan untuk salad, sayuran tumis.

2. ikan kalengan seperti tuna kaleng, salmon, dan sarden adalah pilihan terbaik. Pedoman diet menganjurkan kamu mengonsumsi dua porsi makanan laut setiap minggu.

3. Keju

Bila disimpan dengan benar, beberapa jenis keju seperti cheddar dapat bertahan lebih dari dua minggu. Keju parut bisa bertahan lebih lama saat beku.

4. Telur

Telur yang disimpan dalam karton di atas rak lemari es bisa bertahan selama sekitar tiga minggu. telur rebus bisa tetap bagus selama sekitar satu minggu.

5. Susu

Secangkir susu sapi mengandung 8 gram protein, lebih banyak dari telur.

Alternatif

1. Pasta dan mi

Pasta dan mi sangat cocok untuk menemani sayuran dan sumber makanan kaya protein.

2. Tepung

Tepung, bisa tepung gandum, atau tepung putih.

3. Roti

Sebaiknya pilih roti gandum atau roti bebas gluten 100 persen jika tersedia. Anda bisa mengiris dan membekukannya sehingga makanan ini bisa bertahan selama berbulan-bulan.

4. Cracker

Cracker berbahan dasar biji-bijian atau berbahan dasar kacang paling baik disajikan dengan keju dan buah. Jika kamu ingin piring makanan camilan bebas susu, gantikan keju dengan kacang.

Baca Juga: Daftar Makanan Sehat yang Bisa Kamu Stock Selama Isolasi Diri
Tips Agar Menu Makanan Sehat Tak Bikin Kantong Bolong

5. Sereal

Sereal gandum utuh yang diperkaya dengan serat dan sedikit tambahan gula menutupi banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh kamu. Sereal dengan setidaknya 3 gram serat, kurang dari 6 gram gula tambahan sangat ideal dan paling baik disajikan dengan buah-buahan, kacang-kacangan atau biji-bijian dan susu untuk sarapan yang lebih sehat.

6. Popcorn

Jika kamu berencana untuk menonton acara favorit Anda saat terkurung di rumah, maka yang terbaik semangkuk popcorn tanpa rasa. Popcorn dikemas dengan antioksidan esensial dan serat.

7. Tambahan seperti cokelat hitam dan makanan beku juga bisa menjadi pilihan makanan kamu.

Berita pangan - Video Terkait:

Video Terkait