Rekomendasi 5 Sayuran Rendah Glikemik untuk Penyandang Diabetes

Sayuran Brokoli (Unsplash)

Editor: Idho - Rabu, 16 September 2020 | 15:00 WIB

SariAgri - Diabetes tipe 2 adalah penyakit diabetes yang muncul akibat pola makan kurang teratur. Salah satu penangannya sesuai anjuran dokter adalah dengan memakan makanan rendah karbohidrat atau sayuran karena umumnya memiliki indeks glikemik rendah.

Angka indeks glikemik dapat menjadi indikator seberapa cepat makanan yang dikonsumsi memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh.

Makanan dengan indeks glikemik tinggi mengandung karbohidrat yang diproses secara cepat oleh tubuh dan menyebabkan kadar gula darah meningkat dengan cepat.

Hal ini dikarenakan karbohidrat tertentu memang lebih mudah dan lebih cepat dicerna tubuh menjadi gula yang digunakan tubuh sebagai sumber energi.

Sedangkan makanan dengan indeks glikemik rendah dan sedang adalah makanan yang dicerna tubuh secara perlahan dan menyebabkan kenaikan kadar gula darah secara bertahap.

Harvard Health Letter mencatat, makanan dengan indeks glikemik rendah bagus untuk penyandang diabetes karena tidak membuat kadar glukosa darah naik dengan cepat.

Berikut beberapa sayuran yang sangat baik dan memiliki indeks glikemik rendah seperti dilansir dari Medical Daily.

1. Brokoli

Sayuran ini memiliki sedikit karbohidrat, namun, mengandung banyak nutrisi lain yang dapat membantu seseorang lebih sehat. brokoli juga tidak meningkatkan berat badan karena memiliki sangat sedikit kalori.

2. Tomat

Tomat memiliki indeks glikemik rendah sehingga sangat cocok untuk penyandang diabetes. Makanan yang bisa dinikmati mentah atau matang ini mengandung antioksidan yang baik untuk jantung.

3. Bayam

Salah satu sayuran berdaun hijau ini disebut tersehat dan bermanfaat tidak hanya bagi penyandang diabetes. Juga, bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Seperti kebanyakan sayuran hijau, bayam juga relatif mudah disiapkan.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Sayuran Rendah Glikemik untuk Penyandang Diabetes
Ini Jawaban Kenapa Habis Makan Mengantuk dan Cara Menghindarinya

4. Bit

Mengandung nutrisi seperti vitamin C dan mineral lainnya, bit tergolong umbi-umbian yang juga dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Wortel

Wortel mengandung nutrisi seperti protein dan banyak serat sehingga sangat cocok untuk penyandang diabetes. Sayuran ini memiliki skor GI 39.

Berita pangan - Video Terkait:

 

Video Terkait