Selain Cocok untuk Diet, Ini Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan

Berita Pangan - ilustrasi(pixabay)

Penulis: Dera, Editor: Reza P - Sabtu, 12 September 2020 | 08:00 WIB

SariAgri - Nasi jagung mungkin sudah tidak asing lagi bagi orang Indonesia, nasi berwarna kuning yang diolah sebagai sumber karbohidrat itu dinilai jauh lebih sehat dibandingkan nasi putih biasa. Bahkan Sobat Agri juga bisa menambahkan sayuran agar menu dietmu semakin berwarna.

Biasanya nasi jagung di Indonesia dibuat dari biji jagung yang ditumbuk dan dimasak dengan campuran nasi, di mana dalam 100 gram nasi jagung mengandung kalori sebanyak 140 Kkal.

Berikut 4 khasiat nasi jagung bagi kesehatan tubuh:

1. Mencegah diabetes

Kadar gula yang terdapat di dalam nasi jagung lebih sedikit dibandingkan dengan nasi putih. Itu sebabnya nasi jagung jauh lebih sehat dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Mengandung serat

Kandungan serat yang terdapat dalam jagung membuat nasi jagung sangat baik untuk dikonsumsi lantaran bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Tak heran jika nasi jagung sangat baik untuk kamu yang sedang menjalankan diet.

Baca Juga: Selain Cocok untuk Diet, Ini Manfaat Nasi Jagung Bagi Kesehatan
Gado-gado, Kuliner Khas Betawi yang Terpengaruh Budaya Portugis

3. Mencegah stroke atau serangan jantung

Kandungan lemak dan efek anti aterogenik di dalam manfaat nasi jagung dipercaya mampu menurunkan risiko gangguan kardiovaskular yaitu dengan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain kaya akan serat, nasi jagung juga mengandung vitamin A yang baik untuk kekebalan tubuh dan kesehatan kulit.

Sekadar informasi Sobat Agri, nasi jagung memang identik dengan menu diet lantaran orang yang mengonsumsinya akan merasa lebih kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama. Menu nasi jagung pun disebut-sebut cukup ampuh menurunkan berat badan.