Ini Alasan Kenapa Harus Setop Minum Kopi Jika Sedang Sakit

Ilustrasi Minum Kopi (Pixabay)

Penulis: Reza P, Editor: Dera - Rabu, 9 September 2020 | 17:30 WIB

SariAgri - Minum kopi kini sedang populer dan tren diberbagai kalangan di Indoensia. Gerai-gerai penyedia kopi olahan hadir dengan berbagai varian rasa dan penyajian.

Salah satu alasan mengapa kopi terus menjadi populer adalah karena punya manfaat positif bagi kesehatan. kandungan nutrisi seperti vitamin B2, B3, B5, antioksidan dan mineral seperti natrium, kalium, mangan dan magnesium yang terdapat pada kopi sangat berkhasiat bagi kesehatan.

Mengkonsumsi kopi pada waktu yang tepat pastinya bisa menambah konsentrasi dan meningkatkan stamina tubuh. Kandungan kafein dalam kopi bisa dengan mudah menghilangkan kantuk dan membuat semangat.

Lantas bagaimana jika kita dalam kondisi tidak sehat alias sedang sakit, apakah bisa kita mengonsumsi kopi?

Menurut para pakar kesehatan, berikut penjelasan.

Kopi Bereaksi dengan Obat

Pakar kesehatan menjelaskan jika Sobat Agri sedang sakit dan harus mengonsumsi obat disarankan untuk setop mengonsumsi kopi untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan kandungan pada kopi dapat bereaksi dengan obat-obatan tertentu.

Contohnya, kafein dapat memperkuat efek obat stimulan seperti pada pseudoephedrine untuk mengatasi pilek atau flu. Tidak hanya itu, beberapa jenis obat bisa tidak berkhasiat jika bercampur dengan kandungan kopi. Bisa dikatakan jika obat yang kita minum tidak akan memberi reaksi dan membuat penyakit tidak kunjung sembuh.

Menyebabkan Iritasi Lambung

Tidak hanya pahit, ternyata kopi juga bersifat asam. Bagi sebagian orang, mengonsumsi kopi bisa mengakibatkan iritasi pada lambung, terlebih lagi bagi mereka yang sudah punya riwayat penyakit maag atau asam lambung.

Penelitian menunjukkan bahwa dari 80 persen penderita maag akan mengalami sakit perut dan gejala-gejala lain usai minum kopi. Jadi buat Sobat Agri yang menderita maag, hindari minum kopi atau jika tetap ingin minum kopi pilihlah dengan kandungan asam rendah.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Harus Setop Minum Kopi Jika Sedang Sakit
Makan Satu Jeruk Setiap Hari, Rasakan Keajaiban Ini Pada Tubuhmu

Menyebabkan Dehidrasi

Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki efek diuretik yang bisa mengakibatkan keluarnya cairan yang berlebihan dari dalam tubuh melalui urin atau feses. Jika Soabt Agri terlalu banyak mengkonsumsi kopi, risiko terkena dehidrasi pasti akan meningkat. Padahal, pada saat kita sedang sakit, justru kita harus bisa terhindar dari dehidrasi agar penyakit tidak semakin parah.

Jika kita tetap minum kopi, efek samping yang bisa terjadi adalah muntah dan diare. Jadi baiknya setop sementara mengonsumsi kopi jika gejala efek samping ini sudah terlihat. Baiknya ganti dengan minum jus atau air putih sehingga bisa membuat kita lebih cepat sembuh.

Video Terkait