Makanan Ini Dianggap Sehat, Padahal Tidak Sesehat yang Kamu Pikir

Tips Agar Menu Makanan Sehat Tak Bikin Kantong Bolong (Unsplash)

Editor: Reza P - Jumat, 4 September 2020 | 14:00 WIB

SariAgri - Pola hidup sehat tidak lepas dari makanan yang sehat pula. Makanan yang memiliki banyak kandungan nutrisi dianggap sebagai makanan sehat dan baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Namun tahukah Sobat Agri bahwa tidak selamanya makanan yang selama ini kita anggap sehat itu benar-benar menyehatkan. Meski memiliki banyak kandungan gizi namun ternyata banyak juga makanan sehat yang di dalamnya mengandung banyak kalori.

Merangkum dari berbagai, berikut ini adalah beberapa makanan yang dianggap sehat namun ternyata tidak sesehat yang kita kira.

Jus

Jus biasanya berbahan dasar buah-buahan dan sayuran segar yang dipercaya mengandung banyak vitamin. Banyak orang yang membiasakan mengonsumsi jus setiap hari karena dianggap akan membuat tubuh sehat.

Namun khusus jus yang dibeli dari supermarket, ternyata memiliki kalori yang sama banyaknya dengan burger. Meskipun jus itu mengandung nutrisi berbasis tumbuhan, kita harus waspada terhadapa tambahan 650-1000 kalori yang berasal dari tambahan gula dan sirup.

Salad

Salah satu menu makanan diet ini terdiri dari beragam sayuran, buah dan daging. Komposisi salad dianggap mampu mencukupi asupan gizi untuk tubuh kita.

Namun ternyata tidak semua salad itu menyehatkan. Beberapa salad seperti salad tuna, ayam dan udang siap saji mengandung lemak tersembunyi dan kalori yang berasal dari kandungan mayones yang tinggi.

Yogurt Beku

Makanan hasil prementasi dari susu segar ini memang menyehatkan. Selain itu makanan ini juga cukup menyegarkan untuk dikonsumsi dengan rasanya yang khas.

Namun yogurt beku ternyata memiliki jumlah kalori yang nyaris sama dengan kandungan kalori dalam es krim. Selain itu yougurt jenis ini juga memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Granola

Camilan yang pada awalnya populer di Eropa ini kerap dianggap sebagai menu sarapan sehat. Makanan ini terbuat dari biji-bijian, oat, buah-buahan kering dan madu. Jika melihat komposisinya memang tidak ada keraguan bahwa makanan ini cukup sehat untuk dikonsumsi.

Namun ternyata sejumlah kecil granola memiliki lemak trans dan gula yang begitu tinggi dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

Trail Mix

Makanan yang terdiri dari beragam makanan kering kaya nutrisi seperti yogurt, kismis, kripik pisang goreng dan lain-lain ini mengandung 300 kalori.

Jumlah kalori tersebut senilai dengan gula, lemak trans dan karbohidrat olahan yang tentunya tidak dibutuhkan tubuh secara berlebihan.

Baca Juga: Makanan Ini Dianggap Sehat, Padahal Tidak Sesehat yang Kamu Pikir
Ini Resep Favorit Menu Diet ala Lionel Messi

Energy Bars

Bagi Sobat Agri yang kerap melakukan diet tentunya sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Makanan ringan yang dianggap bisa mengenyangkan dan memberi tambahan energi ini ternyata memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi.

Dari setiap bar-nya, makanan ini mengandung sirup jagung tinggi fruktosa, gula, dan lemak jenuh. Artinya beberapa snack bar mengandung 350 kalori.

Video Terkait Berita Pangan :

Video Terkait