Lampung Gelar Bazar UMKM dan Pasar Murah

Warga mengantre beli bawang pada pasar murah (Antara)

Editor: Rashif Usman - Sabtu, 11 Maret 2023 | 22:06 WIB

Sariagri - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung menggelar bazar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sekaligus pasar bahan pokok murah dalam rangkaian HUT ke-59 Provinsi Lampung.

"Bazar UMKM dan pasar murah ini selain dalam rangkaian HUT ke-59 Lampung, juga untuk menyambut Ramadhan," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Lampung Elvira Umihani di Bandarlampung, Lampung, Sabtu.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut tersedia sejumlah komoditas yang disubsidi meliputi minyak goreng dengan harga Rp12 ribu per liter, bawang merah Rp25 ribu per kilogram, gula pasir Rp10.500 per kilogram, dan tepung terigu Rp8 ribu per kilogram.

"Ada juga produk lain yang tidak mendapatkan subsidi, namun dijual dengan harga distributor yaitu beras Rp43 ribu per lima kilogram, daging sapi dan ayam juga ada," katanya.

Dia menjelaskan dalam pelaksanaan pasar murah, pembelian masyarakat dibatasi per orang sebanyak 2 liter minyak goreng, 2 kilogram gula pasir, dan 10 kilogram beras agar distribusi merata.

Baca Juga: Lampung Gelar Bazar UMKM dan Pasar Murah
HUT Ke-59, Lampung Gelar Bazar UMKM dan Pasar Murah

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini pemenuhan konsumsi masyarakat menjelang Ramadhan terpenuhi dan ini dapat mengantisipasi kenaikan harga komoditas di pasaran," ucap Elvira.

Menurut dia, kegiatan ini juga sekaligus memfasilitasi UMKM lokal Lampung dalam memasarkan beragam produknya.

"Jadi selain pasar murah yang bertujuan membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan, ada juga bazar yang bertujuan untuk mempromosikan produk UMKM kerajinan tangan khas Lampung seperti beragam produk turunan tapis Lampung, dan anyaman," ucap dia.