A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key -1

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 597

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 597
Function: _error_handler

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

5 Daftar Kopi Racikan yang Dapat Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

5 Daftar Kopi Racikan yang Dapat Turunkan Berat Badan, Apa Saja?

Ilustrasi kopi joss dari Yogyakarta (istimewa)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Dera - Kamis, 2 Maret 2023 | 17:00 WIB

Sariagri - Kopi sudah menjadi favorit masyarakat saat ini. Ragam menu racikan kopi juga sudah menyebar di kalangan masyarakat, mulai kopi hitam, kopi susu, hingga kopi spesial.

Konsumsi kopi setiap hari mungkin dapat menurunkan kesehatan tubuh akibat kandunggan gula berlebihan dan krim dalam seduhan kopi. Tapi, konsumsi kopi hitam ternyata dapat menjadi pilihan untuk diet sehat apabila diseduh dengan bahan tertentu.

Dilansir dari Full Coffee Roast, berikut 5 daftar racikan kopi yang dapat menurunkan lemak lebih di dalam tubuh.

Kopi Hitam Kayu Manis

Kayu manis dipercaya dapat bantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kombinasi kafein dan antioksidan yang terdapat dalam kayu manis dapat bantu meningkatkan proses penurunan berat badan dengan mempercepat laju metabolisme.

Racikan kopi hitam kayu manis dilakukan dengan menambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam kopi hitam. Menambahkan madu ke dalam racikan dapat mengurangi rasa pahit dalam minuman ini.

Kopi Lemon

Tambahan jus lemon ke dalam racikan kopi merupakan salah satu cara untuk mengurangi lemak pada kopi. Kandungan yang terdapat pada racikan, seperti vitamin C, asam sitrat, dan kafein dalam minuman ini dapat bantu mengeluarkan racun dari tubuh, mempercepat laju metabolisme, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Masukkan setengah perasan lemon ke dalam cangkir kopi hitam. Penambahan bubuk kayu manis juga dapat dilakukan untuk mempercepat proses pembakaran lemak.

Bulletproof Coffee

Bulletproof coffee atau kopi anti-peluru merupakan salah satu kopi yang dapat bantu mempercepat proses pembakaran lemak. Kopi yang terlihat seperti latte ini merupakan kopi yang ditambah mentega dan minyak MCT (Medium Chain Triglyceride). Kopi kental ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan rasa kenyang, dan mendorong penurunan berat badan.

Membuat bulletproof coffee sangatlah mudah. Siapkan satu setengah cangkir kopi panas, satu sendok makan mentega tawar, minyak MCT atau minyak kelapa, dan sedikit garam. Blender bahan tersebut hingga lembut dan siap disajikan.

Kopi Dark Chocolate

Kopi cokelat hitam atau dark chocolate coffee mengandung kaya akan antioksidan dan asam lemak tak jenuh tunggal. Minum kopi ini dapat bantu meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan rasa kenyang, mendorong penurunan berat badan, hingga meningkatkan fokus. Kopi ini juga dapat menguranhi kadar Ghrelin atau hormon yang mendorong rasa lapar.

Kopi Hijau Jahe dan Mint

Kopi hijau jahe dan mint dapat menjadi pilihan untuk dikonsumsi saat diet sehat untuk penurunan berat badan. Penyajian kopi ini dapat dicampurkan dengan bubuk kopi hijau (green coffee), jahe, daun mint, dan chia seeds. Pastikan untuk mendiamkan semua bahan ini beberapa saat sebelum diminum. (Sariagri/Nurma Wibi Earthany)



Baca Juga: 5 Daftar Kopi Racikan yang Dapat Turunkan Berat Badan, Apa Saja?
5 Fakta Kopi Instan yang Wajib Diketahui