A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Undefined array key -1

Filename: controllers/Article.php

Line Number: 597

Backtrace:

File: /home/u1347553/public_html/application/controllers/Article.php
Line: 597
Function: _error_handler

File: /home/u1347553/public_html/index.php
Line: 316
Function: require_once

Benarkah Kayu Manis Mampu Turunkan Kadar Gula Darah?

Benarkah Kayu Manis Mampu Turunkan Kadar Gula Darah?

Ilustrasi kayu manis dan lemon. (pexels)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Yoyok - Selasa, 28 Februari 2023 | 13:00 WIB

Sariagri - Kayu manis kerap kali digunakan untuk penambah rasa di berbagai jenis masakan, kue, atau minuman. Selain itu, bumbu masakan satu ini juga digunakan untuk pengobatan berbagai macam penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah.

Kadar gula darah merupakan jumlah glukosa yang ada dalam aliran darah seseorang pada waktu tertentu. Pada umumnya, kadar gula darah di dalam tubuh anda sekitar 70-130 miligram per desiliter. Salah satu cara untuk menurunkannya yaitu menambahkan kayu manis ke dalam teh yang anda minum.

Dilansir dari Indian Express kayu manis mengandung cinnamaldehyde. Kandungan ini melepaskan insulin, meningkatkan sensitivitas insulin dan pembuangan insulin, mengatur aktivitas protein - tirosin fosfatase 1B (PTP1B), dan reseptor insulin kinase.

Di Cina, studi yang dilakukan tahun 2012 menganalisis kesehatan 69 pasien diabetes tipe 2. Terdapat kelompok yang mengonsumsi 120 miligram kayu manis setiap hari, lalu kelompok yang mengonsumsi 360 miligram lainnya, dan ketiga mengonsumsi plasebo. Hasil akhir menunjukkan bahwa dua kelompok yang mengonsumsi kayu manis mengalami penurunan kadar gula darah.

Selain itu, kayu manis dapat menurunkan glukosa dan LDL (Kolesterol jahat). Tidak hanya itu, kayu manis meningkatkan HDL (kolesterol baik). Bagi penderita diabetes tipe 2 dapat mengonsumsi kayu manis. Kayu manis nantinya berfungsi sebagai antidiabetes dan antioksidan. Antioksidan ini dapat mengurangi stres oksidatif.

Kayu manis juga dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Salah satunya smoothie, produk roti, bumbu kare, bubuk teh kayu manis, hingga aneka makanan penutup.

Patut diperhatikan bahwa mengonsumsi kayu manis yang tepat sebanyak 1/2 - 1 sendok teh (3 – 5 miligram sehari). (Sariagri/Chelvi Agnariosa).



Baca Juga: Benarkah Kayu Manis Mampu Turunkan Kadar Gula Darah?
Simak! Ini 4 Cara Menyimpan Telur dengan Baik