Minum Coca Cola dan Pepsi Tingkatkan Ukuran Testis

Ilustrasi minuman bercola. (Pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 23 Februari 2023 | 20:00 WIB

Sariagri - Sebuah penelitian mengungkapkan jika pria minum Coca Cola dan Pepsi dapat tingkatkan ukuran testis dan testosteron yang lebih tinggi.

Meskipun minuman bersoda telah lama dianggap dapat mempengaruhi pria dalam banyak hal, penelitian terbaru menunjukkan bahwa minuman tertentu dapat tingkatkan ukuran testis.

Ini mungkin terdengar kontroversial, tapi sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan pengerat menemukan beberapa temuan yang cukup menarik.

Temuan ini muncul setelah penelitian yang dilakukan oleh Northwest Minzu University di Cina, yang mencoba mencari tahu dampak minuman berkarbonasi terhadap kesuburan dan organ seks pada pria.

Penelitian ini meneliti tiga kelompok yaitu tikus - satu kelompok hanya minum air putih, kelompok kedua mengonsumsi Coca Cola dengan kadar yang berbeda, sementara kelompok lainnya minum Pepsi dalam jumlah yang sama selama 15 hari.

Selama penelitian itu, tes yang dilakukan termasuk menimbang testis tikus dan mengambil darah. Menurut news.com.au, tes tersebut dilakukan pada hari pertama, lima, tujuh, 10, dan 15.

Segera terungkap bahwa tikus yang meminum Coke dan 100% Pepsi mengalami perubahan yang signifikan terhadap air minum tersebut.

Tikus yang mengonsumsi Coca-Cola murni menunjukkan tingkat hormon pria yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan tikus lainnya yang minum air putih.

Sebagai kesimpulan, penelitian ini mencatat "Minum Coca-Cola dan Pepsi-Cola dapat meningkatkan perkembangan testis dan meningkatkan sekresi testosteron, temuan kami memberikan dasar ilmiah dan untuk memahami sepenuhnya efek minuman berkarbonasi dan mekanismenya terhadap perkembangan dan fungsi reproduksi manusia, selain itu juga bermanfaat untuk mencegah disfungsi prostat dan kanker,"tulisnya dikutip dari Daily Star.

Namun hasil penelitian ini bertentangan dengan penelitian sebelumnya yang menyiratkan bahwa minuman manis membuat pria kurang subur, karena temuan baru ini menunjukkan hal yang berbeda.

Baca Juga: Minum Coca Cola dan Pepsi Tingkatkan Ukuran Testis
Dokter Tak Sarankan Minum Teh Bersamaan dengan Makan Besar

Terungkap bahwa tikus yang meminum Coca Cola dan 100% Pepsi mengalami perubahan yang signifikan dibandingkan dengan tikus yang meminum air putih.

Sebelum penelitian ini dilakukan, sebuah survei terhadap 2.500 pria mengungkapkan bahwa pria yang minum satu liter cola sehari memiliki sperma 30% lebih sedikit dibandingkan mereka yang tidak minum minuman bersoda.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kadar testosteron.