5 Makanan Terbaik bagi yang Doyan Begadang Semalaman

Ilustrasi sulit tidur. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Kamis, 16 Februari 2023 | 21:30 WIB

Sariagri - Apakah kamu mengalami kurang tidur akibat banyaknya pekerjaan yang belum selesai? Ini bisa mengakibatkan insomnia, sebuah kondisi sulit untuk tidur atau tetap tertidur, atau tidur tetapi terbangun terlalu awal dan tidak dapat tidur lagi.

Nah, penderita insomnia dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik lho. Sebut saja menurunkan kualitas hidup, menurunkan produktivitas, meningkatkan risiko kecelakaan, dan meningkatkan risiko masalah kesehatan jangka panjang.

Insomnia bisa bersifat sementara atau kronis tergantung pada durasi dan frekuensi. Setelah mengalami kurang tidur semalaman, perlu dorongan energi sangat penting untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Kebanyakan orang meminum banyak kopi agar tetap terjaga dari perasaan gelisah, tetapi kamu mungkin berpikir bahwa itu adalah satu-satunya cara yanmg efektif.

Untungnya, para ahli di Bed Kingdom melihat ada lima makanan terbaik untuk membuatmu tetap berenergi setelah berjuang pada malam hari.

5 Makanan Terbaik bagi yang Doyan Begadang Semalaman:

1. Alpukat

Alpukat hanyalah satu dari makanan super yang akan membantu meningkatkan energi setelah melewati malam.

Alpukat mengandung lemak sehat, serat, vitamin, dan mineral, termasuk kalium yang dapat mencegah kelelahan dengan memberikan energi pada tubuhmu. Dengan kandungan serat sekitar 14 gram, buah ini juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri sehat, yang sangat penting bagi ususmu.

Ditambah lagi, alpukat sangat cocok dipadukan dengan roti panggang untuk sarapan guna menambah energi di pagi hari atau dengan roti bagel saat makan siang untuk mengisi bahan bakar.

2. Cokelat hitam

Jika kamu menginginkan sesuatu yang manis, cokelat hitam adalah camilan yang sempurna untuk memuaskan hasratmu usai begadang semalaman.

Cokelat hitam mengandung kakao dalam jumlah tinggi, yang bertanggung jawab untuk meningkatkan energi dan juga meningkatkan fokus - sehingga kamu dapat mengandalkannya untuk membuat tetap bersemangat sepanjang hari.

Selain itu, cokelat hitam juga mengandung antioksidan seperti magnesium yang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mengurangi migrain dan menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Biji chia

Seperti halnya cokelat hitam, biji chia mengandung magnesium yang tinggi - dan tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan kamu, tetapi juga dapat melawan kelelahan dan tingkat stres yang tinggi-.

Selain itu, tetap terhidrasi membuat kamu merasa lebih waspada, dan biji chia dapat menahan banyak air dalam tubuh untuk mempertahankannya.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan mencampurkannya ke dalam smoothie, menaburkannya ke dalam yoghurt, atau bahkan mencampurkannya ke dalam salad.

4. Ubi jalar

Makanan lain yang mengandung magnesium dalam jumlah tinggi adalah ubi jalar, makanan ini mengandung banyak vitamin C.

Hal ini membantu mengangkut lemak menjadi energi - akibatnya, hal ini akan melawan rasa kantuk dan membuat kamu tetap terjaga.

Selain itu, ubi jalar adalah karbohidrat yang sehat dan bisa menjadi pilihan yang bagus untuk makan siang jika kamu berencana untuk menjalani hari yang panjang dan membutuhkan energi yang tahan lama, misalnya, jika kamu memiliki rencana untuk pergi ke gym setelah bekerja.

5. Jeruk

Vitamin C juga tinggi pada jeruk, dapat meningkatkan energi kamu - tetapi jeruk mengandung gula alami dalam jumlah sedang, yang diubah menjadi glukosa, sumber bahan bakar terbaik bagi otak.

Baca Juga: 5 Makanan Terbaik bagi yang Doyan Begadang Semalaman
Sederet Buah dan Sayur yang Wajib Dikonsumsi Wanita

Jeruk mengandung gula yang cukup untuk memberi kamu energi dengan cepat, tetapi tidak cukup untuk menjadi terlalu kuat dan membuat merasa lelah. Bahkan mengonsumsi jus jeruk daripada memakan buahnya dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan mental sepanjang hari.

Seorang juru bicara dari Bed Kingdom berkomentar: "Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan Anda dan disarankan untuk tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam. Namun, bagi banyak orang, jumlah yang disarankan tidak selalu memungkinkan. Dalam hal ini, penting untuk memberikan tubuh bahan bakar yang dibutuhkan untuk menjalani hari, yang dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang tepat,"jelasnya.