Pastikan Pasokan Aman, Mentan Cek Stok Bahan Pangan Jelang Ramadan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan sidak ke Pasar Pabaeng-baeng, Makassar.(Kementan)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 13 Februari 2023 | 17:30 WIB

Sariagri - Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo meminta agar jajarannya di seluruh provinsi dan kabupaten/kota agar mengecek langsung ketersediaan bahan pangan di pasar.

Langkah itu dilakukan demi memastikan stok pangan aman memenuhi kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan 2023. Kementan pun akan menerjunkan tim khusus untuk memastikan harga pangan pokok dan ketersediaan stok jelang Ramadhan 2023 tetap aman. Syahrul juga mengajak semua pihak menjaga pasokan dan harga pangan jelang hari besar keagamaan tahun ini.

"Tugas Kementan menjaga ketersediaan. Untuk itu saya instruksikan, semua jajaran Kementan dan yang terkait untuk mempersiapkan ketersediaan pangan," kata Mentan dalam keterangannya, dikutip Senin (13/2).

Kementan melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) sudah melakukan peninjauan harga dan pasokan sejumlah komoditas di beberapa daerah, salah satunya Sumatera Selatan.

Peninjauan itu berlangsung pada Minggu (12/2/2023) di Pasar Alang Alang Lebar, Palembang. Adapun pengawalan ini dilakukan terhadap 12 bahan pangan pokok termasuk beras, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula, dan minyak goreng.

Baca Juga: Pastikan Pasokan Aman, Mentan Cek Stok Bahan Pangan Jelang Ramadan
TNI dan Kementerian Pertanian Perkuat Produksi Komoditas Pangan

Sementara itu, Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Idha Widi Arsanti menyebut, sejauh ini harga dan ketersediaan terbilang aman, meski ada sedikit perbedaan harga dari satu kios dengan kios lainnya.

"Alhamdulillah kondisinya aman, baik dari aspek harga maupun ketersediaannya, tadi kami melihat beberapa pedagang, ada sedikit perbedaan harga," ucap Santi.