Wapres Siapkan Jurus untuk Stabilkan Harga Beras dan Migor

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (BPMI Setwapres)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Senin, 6 Februari 2023 | 20:00 WIB

Sariagri - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menyiapkan jurus untuk mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok, terutama harga beras hingga minyak goreng di pasaran.

“Ya saya kira untuk mengatasi harga pangan itu, itu kan itu ada dua. Pertama, ada kelangkaan pangan, pemerintah sudah menyiapkan beras, itu beras impor dan saya kira sudah disalurkan ke berbagai daerah termasuk ke Jawa Timur,” ujar Wapres.

Bahkan, Wapres menambahkan, penyaluran beras yang sudah dimulai itu akan dijadikan langkah untuk menekan harga di pasaran.

“Itu sudah mulai untuk menekan harga itu,” jelasnya.

Selain itu, Wapres mengatakan kenaikan harga bahan pokok ini juga dipicu menjelang bulan Ramadhan sehingga tingkat konsumsi masyarakat juga meningkat.

“Dan boleh jadi juga memang ada kenaikan dipicu menjelang bulan puasa ini biasanya memang sementara naik," ucapnya.

Pemerintah, tegas Wapres, juga akan melakukan operasi pasar untuk mengendalikan kenaikan harga minyak goreng.

“Begitu juga minyak goreng, ya pemerintah sedang melakukan operasi untuk kembali supaya minyak gorengnya untuk distribusi rakyat itu tidak terganggu," katanya.

Baca Juga: Wapres Siapkan Jurus untuk Stabilkan Harga Beras dan Migor
Demi Stabilkan Harga, Pemerintah Akan Berikan Subsidi

Wapres pun mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan pengecekan dari produsen khususnya untuk jalur distribusi.

“Sedang kita lihat apa dari produsen apa dari distribusi, ada jalur-jalur distribusi. Nah nanti kalau produsennya tidak memproduksi, padahal sudah berjanji, itu tentu akan diambil langkah-langkah. Kalau itu misalnya itu dari distribusi nanti kita akan lihat sebabnya langkahnya dari mana," katanya.

“Saya kira itu pokoknya pemerintah akan mengambil langkah-langkah bagaimana semua itu terpenuhi dengan baik,”pungkasnya.