Tips Menjaga Kebersihan Makanan agar Tetap Higienis dan Sehat

Ilustrasi mencui buah dan sayuran (Flickr)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Minggu, 15 Januari 2023 | 22:00 WIB

Sariagri - Makanan yang kotor akan lebih mudah ditumbuhi oleh bakteri. Jika sudah begini, bukan tidak mungkin kamu lebih mudah terserang penyakit, apalagi jika jumlah bakterinya berlipat ganda. Meski bentuk, rasa dan baunya tampak normal, bukan berarti makanan tersebut tidak terdapat bakteri.

Untuk mengantisipasi hal itu, ada hal-hal yang penting untuk kamu ketahui demi menjaga kebersihan makanan agar mencegah racun dan penyakit.

Tips menjaga kebersihan makanan

1. Bekukan Daging

Jika kamu membeli daging yang berukuran besar atau berjumlah banyak, segera masukkan kedalam freezer. Hal ini berguna agar menghindari pertumbuhan dan penyebaran bakteri pada daging yang dibeli.

Tandai wadah atau plastik tersebut dengan tanggal kamu memasukkannya dan tipe dagingnya sebelum memasukkannya ke dalam freezer.

2. Membersihkan sayur dan buah

Bersihkan sayur dan buah sebelum memotongnya. Bilas dan gosok sayuran dan buah dengan air sebelum memotongnya.

3. Pergunakan talenan yang berbeda

Bedakan talenan sesuai penggunaannya, misalnya untuk daging berbeda dengan talenan buah dan sayuran, untuk mencegah penyebaran bakteri. Bersihkan papan talenan tiap kali selesai memotong daging mentah, karena makanan mentah lebih cenderung mengandung bakteri.

4. Letakkan makanan sesuai jenis

Pisahkan makanan di kulkas berdasarkan jenisnya. Simpan makanan sesuai dengan tempat atau laci yang tepat untuk jenis makanan tersebut.

5. Cuci tangan dengan sabun

Jangan lupa jika ingin menyiapkan makanan, peralatannya bahkan memasak, pastikan tangan kamu dalam keadaan bersih. Cucilah tangan dengan sabun dan air mengalir atau produk antiseptic.

6. Masak dengan suhu yang tepat

Untuk menjamin kebersihan makanan, beberapa jenis bahan masakan perlu dimasak pada suhu yang tepat agar bisa membunuh bakteri yang berbahaya.

7. Simpan makanan dengan baik

Simpan makanan matang di wadah yang dangkal sehingga cepat menjadi dingin. Jangan membiarkannya berada di dapur atau di meja makan lebih dari satu jam. Tutupi dengan rapat dan simpan di dalam kulkas.

8. Buang makanan jika sudah lewat waktunya

Buang makanan yang kamu sendiri tidak yakin sudah berapa lama makanan disimpan, makanan sudah bau, atau terlihat berbeda dari yang seharusnya. Buang juga makanan kemasan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa produknya.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebersihan Makanan agar Tetap Higienis dan Sehat
Jangan Asal, Ternyata Begini Panduan Sarapan yang Baik dan Menyehatkan

9. Masak daging cincang sampai matang

Bakteri E coli yang merupakan bakteri pathogen ada di dalam daging sapi cincang. Karena itu masaklah semua makanan dari daging cincang terutama hamburger sampai benar-benar matang. Pada suhu tinggi bakteri E coli akan mati.

10. Sajikan makanan sesuai dengan jenisnya

Jika makanan yang kamu masak akan segera dimakan, sajikan segera dalam keadaan panas. Makanan seperti daging asap, susu, keju, aneka krim yang harus disajikan dingin, sajikan segera setelah diambil dari kulkas.

Jika tidak akan membuat bakteri akan berkembang biak dengan cepat dan menimbulkan penyakit.