Cerita di Balik Karen's Diner, Restoran Viral dengan Pelayan Super Judes

Ilustrasi burger. (pixabay)

Editor: Dera - Kamis, 5 Januari 2023 | 08:00 WIB

Sariagri - Sebuah restoran memberikan pelayanan terbaik dengan memperlakukan pengunjung dengan baik dan ramah. Namun bagaimana jika sebuah restoran justru memiliki pelayan dan kasir yang jutek bahkan galak? 

Akhir 2022 lalu jagat maya dihebohkan dengan Karen's Diner. Karen's Diner adalah restoran yang menyajikan burger dan makanan pendamping lainnya. Hal yang membuat berbeda dari restoran lain adalah para pelayan bersikap buruk dan tidak keberatan jika mendapatkan komentar jelek. 

Mengutip The Hotel Conversation, restoran Karen's Diner pertama kali didirikan pada 2021 di Australia oleh Aden Levin dan James Farrell. Nama 'Karen's Diner' berawal dari istilah slang 'Karen' yang merupakan steorotip seorang wanita kulit putih tua yang kasar.

Dekorasi restoran dibuat seperti suasana Amerika Serikat (AS) di era 1950-an. Orang-orang di tahun 1950-an tidak memiliki banyak pilihan restoran, yang membuat mereka tetap makan di satu tempat walaupun mendapatkan layanan terburuk sekalipun.

Aden Levin menggambarkan Karen's Diner sebagai "pengalaman bersantap yang sangat menyenangkan dan konyol" yang menawarkan layanan yang dipertanyakan. Bahkan Levin menjelaskan bahwa para pengunjung dipersilakan untuk membalas penghinaan staf.

“Ini adalah tempat di mana orang bisa datang dan melampiaskan frustrasi hidup mereka kepada staf, mereka bisa mendapatkannya kembali dari staf kami,” katanya kepada The Courier Mail.

“Ini adalah tempat di mana kami tidak menganggap diri kami terlalu serius, kami mengantarkan makanan enak dan bangga memiliki layanan yang buruk,” tambahnya. 

Karen's Diner dibuka tepat ketika dunia tengah menghadapi beratnya pandemi COVID-19. Levin menambahkan bahwa Karen's Diner bisa jadi "media" bagi orang-orang yang frustrasi dan tertekan dengan pandemi. 

“Orang-orang terkurung dalam lockdown dan restoran kami adalah tempat di mana mereka bisa datang dan melepaskan kemarahan itu di lingkungan yang baik dan terkendali,” kata Levin.

Baca Juga: Cerita di Balik Karen's Diner, Restoran Viral dengan Pelayan Super Judes
Viral Potret Jadul Restoran Padang Tahun 1971, Warganet Soroti Menu Ini

“Kami melihat peluang Karen menjadi tren di media sosial dan kami berpikir mengapa tidak menciptakan tempat di mana kami merangkul Karen dan semua orang bisa menjadi Karen,” jelasnya. 

Pada September 2022, keuntungan bersih Karen's Diner sekitar 2 juta dolar Amerika Serikat (AS). Karen's Diner mencapai kekayaan bersih ini dengan 9 cabang di Australia dan Inggris, bahkan saat ini juga buka di Indonesia.