Benarkah Konsumsi Pisang Berlebihan Membahayakan Kesehatan?

Ilustrasi pisang (Pexels)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 4 Januari 2023 | 11:00 WIB

Sariagri - Pisang adalah salau satu buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia. Jenisnya sangat banyak, namun yang paling populer dan diminati antara lain, pisang Ambon, pisang cavendish, pisang kepok dan pisang raja.

Buah ini mengandung karbohidrat yang baik bagi orang yang sedang menjalankan diet. Mengonsumsi pisang dapat membuat kamu merasa kenyang sehingga menekan keinginan untuk makan lagi.

Meski begitu, perlu diingat bahwa pisang bisa menimbulkan efek buruk pada kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan ada mitos yang menyebutkan jika buah berwarna kuning ini bisa menyebabkan kematian.

Dampak buruk mengonsumsi pisang berlebihan

Selain mengandung karbohidrat, pisang juga mengandung kalium yang sangat tinggi. Hal inilah yang membuat buah ini dianggap bisa berdampak buruk bagi kesehatan, jika dikonsumsi terlalu banyak.

Diketahui, dalam satu buah pisang mengandung sekitar 400 miligram kalium. Sedangkan manusia membutuhkan lebih dari sepuluh kali lipat atau 4.800 miligram untuk mendapatkan efek menyehatkan dari pisang.

Sejumlah ahli kesehatan menjelaskan bahwa tingkat kalium dalam tubuh yang terlalu rendah atau sebaliknya dapat menyebabkan denyut jantung tidak stabil, sakit perut, mual, dan diare.

Bahkan zat kalium klorida menjadi salah satu bahan kimia yang digunakan untuk euthanasia di Amerika Serikat. Pasalnya kadar kalium yang tinggi mampu menghentikan denyut jantung manusia.

Lantas, berapa banyak pisang yang aman dikonsumsi?

Dalam sebuah teori yang dikutip dari laman Metro, disebutkan bahwa jumlah maksimal mengonsumsi pisang bagi manusia agar aman bagi tubuh sebanyak enam buah dalam sehari. Jika lebih dari itu, maka bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: Benarkah Konsumsi Pisang Berlebihan Membahayakan Kesehatan?
Benarkah Pisang Berbintik Hitam Lebih Sehat Jika Dikonsumsi?

Namun lain halnya dengan Layanan Kesehatan Nasional Inggris, yang menyebut jika orang dewasa membutuhkan 3.500 miligram kalium per hari. Itu artinya, jika berat pisang rata-ratanya 125 gram mengandung 450 miligram kalium, maka batas maksimal seseorang mengonsumsi pisang yakni sebanyak 7,5 buah.

Selain kalium yang tinggi, faktor lain yang meresahkan banyak orang mengenai pisang karena mengandung zat radioaktif yang terdapat pada pisang. Namun, hal ini tidak menjadi suatu persoalan yang harus ditakutkan. Zat radioaktif dalam pisang tidak seperti kacang Brasil, sehingga masih aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.