Catat! Ini Sederet Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Gosong

Ilustrasi ikan bakar (Wikimedia Commons)

Penulis: Triana, Editor: Reza P - Sabtu, 24 Desember 2022 | 21:00 WIB

Sariagri - Tentu tidak enak jika mengonsumsi makanan yang terlalu matang alias gosong. Sobat Agri akan merasakan rasa pahit dari makanan yang kamu makan.

Nah, penting untuk kamu ketahui, jika makanan dengan kondisi gosong ternyata sebaiknya memang tidak dikonsumsi. Bukan hanya karena rasa hangus yang mungkin, namun makanan ini juga bisa menimbulkan sejumlah dampak bagi tubuh.

Ada beberapa penelitian yang menemukan jika manusia terlalu banyak mengonsumsi makanan gosong bisa menjadi penyebab terjadinya kanker dalam jangka panjang.

Meski begitu, mengutip dari laman The List, hal ini bisa sangat tergantung dari makanan apa yang berada dalam kondisi gosong tersebut.

Dalam studi yang dirilis pada 2021 lalu, roti, kentang, serta makanan berbahan tepung lain ketika dikonsumsi dalam waktu lama bisa menimbulkan terbentuknya acrylamide yang potensial menjadi karsinogen di tubuh manusia.

Namun, kandungan ini tidak akan muncul pada daging dan ikan yang gosong. Itu karena, daging tinggi kandungan polycyclic aromatic hydrocarbons (PAHs) dan heterocyclic amines (HCAs) di dalamnya. Kandungan tersebut berhubungan dengan munculnya kanker di diri seseorang.

"Namun penelitian menyarankan bahwa karsinogen potensial ini bukan menjadi penyebab sejumlah jenis umum kanker," demikian dijelaskan oleh Dana-Farber Cancer Institute.

Sebagai contoh, acrylamide, mungkin meningkatkan risiko kanker ginjal, ovarium, dan endometrial. Kandungan acrylamide dalam jumlah besar bisa menjadi penyebab kanker. Namun untungnya sebagian besar makanan hanya memiliki kandungan ini dalam jumlah kecil.

Untuk mengantisipasinya, Sobat Agri bisa mengonsumsi makanan gosong ini dalam jumlah kecil. Di mana, hal yang ditakutkan tidak akan menjadi penyebab munculnya masalah kesehatan. Terutama ketika kamu jarang-jarang mengonsumsinya.

Baca Juga: Catat! Ini Sederet Bahaya Mengonsumsi Makanan yang Gosong
Dianggap Makan Kelas Bawah, Ikan Asin Ternyata Punya Segudang Manfaat

Contohnya seperti pada kentang, dibanding menggorengnya, pilihan terbaik adalah merebus atau dimasukkan microwave dengan kulit yang masih menempel. Pilihan lain adalah dengan memotong kentang dan merendam di air dulu selama 15 menit sebelum digoreng atau dipanggang.

Pada ikan dan daging, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi bagian yang gosong ini. Disarankan untuk menghilangkannya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.