5 Makanan yang Bisa Bantu Atasi Gangguan Kecemasan

Ilustrasi dark cokelat (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 13 Desember 2022 | 14:30 WIB

Sariagri - Cemas adalah sesuatu yang wajar dialami setiap orang. Namun jika kadarnya berlebihan, hal ini bisa mengganggu kesehatan. Gangguan kecemasan merupakan kondisi mental yang menimbulkan gejala ketakutan, perasaan yang lebih sensitif hingga dada yang tiba-tiba terasa sesak saat cemas.

Bahkan bagi sebagian orang yang mengalami gangguan kecemasan, dapat mengakibatkan mereka sulit untuk berkonsentrasi.

Makanan yang bantu atasi gangguan kecemasan

Selain dengan bantuan obat yang diresepkan oleh psikiater, untuk mengatasi gangguan kecemasan ternyata juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah makanan bernutrisi. Menurut Medical News Today, 7 makanan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ikan berlemak

Para ahli menyarankan mengonsumsi ikan laut seperti salmon, sarden atau makarel sebanyak tiga kali seminggu. Ikan ini mengandung lemak alami yang kaya akan nutrisi penting. Salah satunya yaitu omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan otak. Selain itu kandungan ini juga mampu mengurangi inflamasi dan vitamin D yang membantu menstabilkan mood.

Berdasarkan penelitian pada tahun 2018, mengungkapkan beberapa partisipan dengan gejala gangguan kecemasan yang diberi asupan omega-3 memiliki perkembangan yang lebih baik daripada yang tidak.

2. Telur

Kuning telur kerap kali disisihkan, padahal bagian telur ini memiliki kaya vitamin D dan protein baik. Selain itu telur juga mengandung asam amino yang dapat meproduksi serotonin.

Serotonin adalah hormon yang dibutuhkan oleh otak untuk membantu meredakan kecemasan dan membuat perasaan menjadi bahagia. Dalam sebuah penelitian lain juga mengatakan bahwa telur dapat memperbaiki ekosistem yang ada di dalam usus sehingga berpengaruh pada mood.

3. Dark cokelat

Berdasarkan pengamatan yang panjang, untuk mengatasi gangguan kecemasan dan stres para ahli menyarankan mengonsumsi dark cokelat. Pasalnya komponen dalam cocoa (bahan baku cokelat) mampu memperbaiki fungsi otak.

Selain itu, cokelat hitam ini juga mengandung polifenol atau flavonoid yang baik untuk meredakan inflamasi pada saraf dan sel-sel otak yang mati sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan otak terasa lebih segar.

4. Kunyit

Bumbu dapur yang satu ini bisa dikatakan selalu ada dalam dapur rumahan. Rempah yang satu ini mengandung komponen bernama kurkumin.

Selain memberikan warna dan rasa untuk makanan, kandungan kunyit ini ternyata juga mampu mengatasi gangguan kecemasan pada orang dewasa bahkan mereka yang mengalami obesitas.

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Bantu Atasi Gangguan Kecemasan
Terkuak! Ini Rahasia Umur Panjang Ratu Elizabeth II hingga 95 Tahun

Bahkan kandungan kurkumin pada kunyit ini, juga mampu meningkatkan DHA dan menekan kecemasan pada otak.

5. Teh chamomile

Teh chamomile adalah minuman herbal yang banyak dikonsumsi. Biasanya teh ini memang digunakan untuk menenangkan tubuh. Hal ini dikarenakan, teh chamomile memiliki manfaat yang baik untuk antiinflamasi, antibakteri hingga antioksidan.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi 1,5 miligram ekstrak chamomile dapat meredakan gejala gangguan kecemasan. Menurut para ahli, minuman herbal ini juga aman jika dikonsumsi dalam jangka panjang.