Bukan Hanya Kedelai, Tempe Bisa Dibuat dari Daun Singkong?

Ilustrasi tempe daun singkong (istimewa)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Jumat, 9 Desember 2022 | 20:15 WIB

Sariagri - Tempe adalah sumber protein nabati yang banyak digemari. Selain rasanya yang enak dan kaya gizi, harga tempe juga relatif terjangkau bagi semua kalangan.

Secara umum, tempe terbuat dari kacang kedelai ataupun kacang-kacangan lainnya seperti kacang koro. Namun ternyata ada bahan lain yang bisa diolah menjadi tempe, yaitu daun singkong.

Sebagian besar, orang yang mendengar hal ini mungkin merasa aneh. Bagaimana bisa daun singkon yang bisanya diolah menjadi menu sayur dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tempe.

Namun, faktanya menyebutkan daun dari ubi kayu ini memang bisa diolah menjadi tempe yang dapat menghasilkan cita rasa tak kalah lezat. Selain itu, tekstur tempe dari daun singkong juga lembut dan memiliki aroma yang sangat khas.

Berdasarkan hasil uji coba di Balai Riset dan Standarisasi Padang, Provinsi Sumatera Barat dan Laboratorium Fakultas Peternakan Universitas Andalas, tempe yang berasal dari daun singkong memiliki kandungan total protein sebesar 20-30%.

Jumlah ini ternyata tak jauh berbeda dengan kandungan protein di dalam susu yang mencapai 25% atau kedelai 35-34%. Tak hanya itu, tempe daun singkong ini diketahui mengandung vitamin A sebesar 11.000 IU dan vitamin C sebesar 275 mg.

Meski demikian, ternyata ada salah satu kendala dalam pengembangan tempe daun singkong sebab penampilannya yang berbeda dari tempe pada umumnya. Hal inilah yang membuat masyrakat masih aneh ketika ingin mengonsumsinya. Seperti yang diketahui, tempe ini berasal dari daun sehingga warnanya menjadi kehijauan.

Cara membuat tempe dari daun singkong

Untuk mengolah daun singkong menjadi tempe, pada dasarnya sama seperti pembuatan tempe umumnya. Proses fermentasinya pun berlangsung selama 2–3 hari.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan daun singkong yang masih muda. Kemudian rebus daun terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lembut.

Baca Juga: Bukan Hanya Kedelai, Tempe Bisa Dibuat dari Daun Singkong?
Jadi Ikon Rakyat Surabaya, Tempe Tenggilis Diharapkan Bisa Mendunia

Lalu, tiris dan keringkan daun singkong dengan cara dihamparkan di atas daun pisang pembungkus. Setelah dingin, taburi ragi tempe di atas permukaan daun singkong.

Selanjutnya bungkus dan ikat daun singkong dan diamkan selama 2-3 hari. Tempe daun singkong pun sudah siap dimasak.

Mengolah daun singkong menjadi tempe ternyata menjadi solusi mengatasi jumlah daun singkong yang begitu melimpah. Pasalnya singkong merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di daerah Indonesia. Selain itu, diharapkan tempe daun singkong ini dapat menjadi bahan pangan yang kaya gizi sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi masyarakat Indonesia.