Terus Berkembang, Industri Beras Kamboja Didukung Negara Ini

Ilustrasi beras. (pixabay)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Minggu, 4 Desember 2022 | 23:00 WIB

Melalui halaman Facebook resminya, Kedutaan Besar Australia di Kamboja mengatakan bahwa Australia memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama dengan Kamboja untuk mengembangkan industri berasnya.

Melalui program unggulan Australia, Cambodia Australia Partnership for Resilient Economic Development (CAP RED), kami bekerja sama dengan Cambodian Rice Federation (CRF) untuk mendukung pengembangan dan pendaftaran merek beras beras melati premium (Malys Angkor), beras wangi (Sen Kra Ob), dan beras ketan (Damnoeb Sbai Mongkul), kata pernyataan itu.

Kedutaan Besar Australia juga menyampaikan ucapan selamat kepada Kamboja yang telah memenangkan Penghargaan Padi Terbaik Dunia untuk ke-5 kalinya.

“Kami senang melihat varietas beras Phka Rumdoul memenangkan Kompetisi Padi Terbaik Dunia pada Konferensi Padi Dunia yang diadakan di Thailand awal bulan ini, di mana Kamboja diwakili oleh CRF. Selamat Kamboja!”, isi pernyataan itu, seperti dikutip Khmer Times.

Baca Juga: Terus Berkembang, Industri Beras Kamboja Didukung Negara Ini
Demi Petani Padi, Malaysia Telah Kucurkan Dana Rp5 Triliun

Di Kamboja, nasi merupakan emas putih – makanan utama bagi mayoritas penduduk Kamboja dan menjadi penggerak ekonomi utama.

Kamboja mengekspor hampir 450.000 ton beras giling ke pasar di seluruh dunia dalam sembilan bulan pertama tahun ini, naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2021.