Pemprov DKI Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Jelang Nataru

Sejumlah bahan pokok di salah satu pasar tradisional Yogyakarta. (Antara/Eka AR/am)

Penulis: Rashif Usman, Editor: Tatang Adhiwidharta - Sabtu, 3 Desember 2022 | 12:00 WIB

Sariagri - Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan ketersediaan pangan dalam kondisi aman.

"Pemprov DKI Jakarta memastikan ketersediaan pangan di DKI Jakarta hingga 2023 dalam kondisi aman dan cukup, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," kata Suharini, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, dalam keterangannya, dikutip, Sabtu (3/12).

Suharini menyampaikan menjelang Nataru ada peningkatan kebutuhan pangan sekitar 0,76 persen hingga 12,72 persen dibanding bulan biasa.

Selain itu, dia menyebut ada kenaikan harga pangan. "Komoditi pangan yang terpantau mengalami kenaikan harga adalah beras dan telur ayam. Kenaikan harga beras dikarenakan naiknya harga GKP di tingkat petani, sedangkan harga telur naik dikarenakan permintaan yang tinggi sehingga stok yang ada di peternak berkurang," ucapnya.

Lebih lanjut, Suharini menyampaikan Pemprov DKI akan melakukan sejumlah upaya untuk memastikan pangan menjelang Nataru aman. Dia menjelaskan upaya Pemprov DKI di antaranya mengoptimalkan peran BUMD Pangan dalam kerja sama antardaerah dan menyelenggarakan kegiatan pasar murah-bazar pangan di wilayah yang bekerja sama dengan Bulog, Badan Pangan Nasional, serta para pelaku usaha dan organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga: Pemprov DKI Pastikan Ketersediaan Pangan Aman Jelang Nataru
Jelang Nataru, Menko Airlangga Cek Harga dan Pasokan Pangan di Daerah Ini

"Mengoptimalkan titik distribusi pangan yang dikelola Perumda Pasar Jaya di lima wilayah kota dan satu kabupaten dalam penyaluran atau pendistribusian pangan subsidi untuk masyarakat tertentu," katanya.

Selanjutnya, bekerja sama dengan Bulog untuk mendistribusikan beras Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga (KPSH). Hal itu sebagai upaya menstabilkan harga beras dan ketersediaan pasokan.