Cemerlang! Pelajar Pasuruan Olah Paprika Jadi Aneka Produk Makanan Sehat

Para pelajar asal Pasuruan mengolah Paprika jadi aneka produk. (Sariagri/Arief L)

Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 Desember 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Melimpahnya hasil panen paprika (Capsicum annuum L.) dan belum dioptimalkan menjadi olahan bernilai ekonomis, mendorong munculnya sebuah ide cemerlang dari sekelompok pelajar SMKN 1 Kecamatan Puspo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur dalam membuat terobosan usaha.

Paprika yang telah dibeli dari petani di wilayah Puspo, selanjutnya diolah menjadi makanan ringan (camilan) maupun minuman. Hasil dari tangan kreatif siswa itu ternyata banyak peminatnya lantaran rasanya enak dan gurih anti kolesterol.

Selain dipasarkan di lingkungan sekitar sekolah, olahan produk paprika juga dijual di kantin SMKN 1 Puspo. Saat jam istirahat sekolah, kantin yang menjual aneka olahan paprika langsung diserbu para siswa.

“Aneka produk makanan minuman dari olahan paprika yang telah kami buat dan dipasarkan. Antara lain camilan keripik paprika, sirup paprika dan saus paprika. Semuanya dikerjakan secara manual agar citarasanya lebih alami dan tanpa bahan pengawet,” tutur Azizah Lusi Sya'bani, siswi pembuat kripik dan minuman paprika kepada Sariagri, Jumat (2/12/2022).

Azizah membeberkan seluruh proses pembuatan makanan dan minuman dari bahan paprika sangat mudah. Dimulai dari menyiapkan bahan-bahannya seperti paprika, ditambah potongan buah apel secukupnya, gula tepung dan rempah-rempah.

“Potongan buah apel merah untuk menambah rasa khususnya minuman sari paprika,” imbuhnya.

Selanjutnya, paprika yang telah dipilih mutunya dipotong kecil-kecil kemudian diblander hingga lembut. Dalam beberapa menit paprika sudah menjadi olahan yang diinginkan seperti sirup, saus dan keripik.

“Khusus untuk dijadikan saos ditambahkan sedikit tomat, garam dan gula untuk menyesuaikan lidak masyarakat yang sudah terbiasa mengkonsumsi saos tomat,” kata dia.

Baca Juga: Cemerlang! Pelajar Pasuruan Olah Paprika Jadi Aneka Produk Makanan Sehat
Dokter Tak Sarankan Minum Teh Bersamaan dengan Makan Besar

Selain tidak kalah lezatnya dengan camilan produk pabrikan, keripik dan sirup paprika juga baik untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan berat badan serta melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain menyehatkan produk olahan paprika dijual dengan harga terjangkau untuk semua kalangan.

“Paprika kaya akan vitamin C, vitamin A untuk mata, ada anti oksidan anti radikal bebas dan bisa menurunkan berat badan. Permintaan hingga kini terus meningkat baik konsumen di sekolah maupun di sekitar masyarakat. Harganya cukup terjangkau di kantong siswa maupun warga. Untuk minuman dihargai Rp2.000, camilan paprika per toples Rp3.000 dan saos paprika Rp5.000 per botolnya,” pungkas Azizah.