Bantu Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Ilustrasi paprika (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Jumat, 2 Desember 2022 | 09:00 WIB

Sariagri - Rokok seringkali dikaitkan dengan permasalahan paru-paru. Memang, paru-paru merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam kehidupan.

Maka dari itu, sangat penting untuk kita menjaga pola makan sehat agar kesehatan paru-paru terjaga. Makanan yang tak sehat seperti karbohidrat olahan, daging dan minuman bersoda akan memicu peradangan pada tubuh.

Hal ini pun berkaitan dengan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan gangguan paru-paru lainnya. Menjaga pola makan dengan rutin mengonsumsi sayuran, serat, lemak sehat, dan buah-buahan dapat mengurangi radang dan menjaga kesehatan paru-paru.

Lalu, apa saja jenis makanan sehat yang dapat menjaga kesehatan paru-paru? Yuk, simak berikut ini!

1. Apel

Apel termasuk kulitnya mengandung antioksidan quercetin yang dapat meredakan peradangan di paru-paru dan membantu pasien penyakit paru obstruktif kronik.

Tak hanya itu saja, apel dan buah-buahan lain seperti tomat juga mampu mencegah penurunan fungsi paru-paru.

2. Paprika

Paprika merah dan cabai diketahui memiliki konsentrasi vitamin C yang tinggi dan antioksidan yang meningkatkan kesehatan paru-paru.

Memenuhi kebutuhan vitamin C harian sangat penting, apalagi bagi perokok. Karena, perokok diketahui memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tak merokok.

3. Buah bit

Buah bit berwarna cerah mengandung nitrat yang merupakan senyawa oksida nitrat. Senyawa ini bisa mengendurkan pembuluh darah, meningkatkan aliran oksigen, dan menurunkan tekanan darah. Bit juga mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

4. Buah beri

Buah beri seperti stroberi, blueberry, dan blackberry kaya akan antosianin yang merupakan salah satu senyawa dari flavonoid.

Senyawa ini memberi banyak manfaat seperti mengurangi lendir dan peradangan di paru-paru dan memperlambat penurunan fungsi paru-paru.

Baca Juga: Bantu Jaga Kesehatan Paru-Paru dengan Rutin Mengonsumsi 5 Makanan Ini
Catat! Ini 6 Buah dan Sayuran Paling Kotor yang Ada di Supermarket

5. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam mengandung berbagai jenis antioksidan. Antioksidan ini termasuk vitamin C dan karotenoid yang dapat membantu melawan peradangan.

Mengonsumsi karotenoid senyawa yang ada dalam buah tomat dan paprika juga dikaitkan dengan penurunan risiko kanker paru-paru.