Ini Manfaat Tak Terduga Ketika Kamu Rutin Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Ilustrasi air minum. (Foto: Pexels)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Selasa, 6 Desember 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Sudah bukan rahasia umum lagi jika minum air putih sangat baik bagi kesehatan. Terlebih jika kamu minum air putih hangat sebelum tidur. 

Penasaranm manfaat apa saja yang bisa kamu dapatkan? berikut ulasannya.

1. Mengeluarkan racun tubuh

Dengan minum air hangat sebelum tidur dapat melancarkan sirkulasi darah dan memicu keluarnya keringat. Nah, pada saat kita berkeringatlah racun dalam tubuh akan keluar. Manfaat lainnya juga dapat menyehatkan sel-sel pada kulit.

2. Bantu menurunkan berat badan

Berat badan yang berlebih dapat memicu berbagai penyakit, seperti obesitas. Dengan minum air hangat maka dapat membantu penurunan berat badan dengan cara merusak timbunan lemak yang ada dalam tubuh.

3. Sistem pencernaan

Air pada dasarnya adalah pelumas untuk sistem pencernaan. Bila kamu minum air dengan jumlah yang tepat, maka air akan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran.

Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai secara lebih optimal.

Namun, jika kamu minum air hangat maka akan ada efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membantu proses pencernaan semakin lancar.

4. Membuat kulit terhidrasi

Dengan mengonsumsi air hangat dapat membuat kulit kita menjadi terhidrasi. Minum air hangat setiap hari dapat membantu meratakan warna kulit, mengurangi bengkak, dan mengencangkan kulit.

Baca Juga: Ini Manfaat Tak Terduga Ketika Kamu Rutin Minum Air Hangat Sebelum Tidur
Wajib! Ini Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

5. Melancarkan hidung mampet

Beberapa orang tentu terganggu saat hidung sedang mampet. Untuk itu ada cara agar mengembalikan pernapasan seperti semula dengan minum air hangat.

Air hangat akan menghasilkan uap panas yang ternyata baik untuk hidung yang sedang mampet. Uap yang dihasilkan oleh air hangat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di hidung.