Penderita Asam Lambung, Hindari 4 Makanan Ini

Ilustrasi mie pedas (Istimewa)

Penulis: Triana, Editor: Tatang Adhiwidharta - Rabu, 30 November 2022 | 12:30 WIB

Sariagri - Asam lambung merupakan sebuah penyakit pencernaan yang dimana asam lambung atau empedu mengiritasi lapisan dalam saluran makanan.

Ini adalah penyakit kronis yang terjadi saat asam lambung atau empedu mengalir ke saluran makanan dan mengiritasi dinding dalamnya. Refluks asam dan heartburn (asam lambung naik) lebih dari dua kali seminggu dapat mengindikasikan GERD.

Gejala yang menyerang, penderitanya akan merasakan nyeri panas di dada yang biasanya terjadi setelah makan dan memburuk ketika berbaring.

Sebenarnya, ada beberapa tips untuk menghindari asam lambung naik, yaitu dengan menghindari sejumlah makanan yang baik untuk sakit lambung.

Berikut beberapa contoh makanan untuk sakit lambung yang baik dan harus dihindari:

1. Hindari makan makanan yang manis

Makanan yang manis memang sedap menggugah selera lidah. Namun jika lambung bermasalah, makanan manis ini tidak baik untuk dikonsumsi.

Penting untuk kamu ketahui, jika makanan manis pastinya mengandung gula rafinasi yang dapat menyebabkan lonjakan kadar insulin yang dapat menyebabkan fluktuasi gula darah.

Ketika gula darah meningkat, kondisi perut dengan lambung yang sakit akan jadi perih. Hal tersebut bisa membuat kita merasa berkeringat dan gemetar.

2. Makanan bersantan dan sumber makanan yang mengandung gas

Makanan yang mengandung banyak gas sangat tidak boleh dikonsumsi bagi penderita sakit lambung, dikarenakan akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik. Beberapa contoh makanan yang banyak mengandung gas tinggi antara lain sayur sawi, kembang kol, dan buah nangka.

Baca Juga: Penderita Asam Lambung, Hindari 4 Makanan Ini
10 Makanan Ini Efektif Redakan Sakit Perut

3. Makanan dengan rasa pedas

Makanan yang memiliki rasa pedas bisa membuat iritasi pada dinding lambung, seperti halnya cabai, sambal, saus cabai, saus tomat, dan makanan yang yang mengandung merica atau lada berlebih.

4. Makanan dengan rasa asam

Makanan asam bisa meningkatkan kadar asam lambung di dalam perut. Makanan yang asam bisa memicu refluks asam dan juga bisa memperburuk sakit lambung, seperti makanan yang diberi cuka, asinan buah dan sayur, acar, dan beberapa buah-buahan yang memiliki rasa asam.