Tak Selalu Sehat, Ini Bahaya Konsumsi Madu Secara Berlebihan

Ilustrasi Madu (Pixabay)

Penulis: Triana, Editor: Dera - Jumat, 2 Desember 2022 | 22:30 WIB

Sariagri - Madu dikenal sebagai makanan sehat yang punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Meski begitu, mengonsumsi madu berlebih juga berbahaya bagi kesehatan.

Pasalnya, madu memiliki lebih banyak kalori per porsi daripada gula. Meski dikatakan sehat, tapi saat mengonsumsinya lebih baik diperhatikan kembali jumlahnya.

Merujuk dari rekomendasi American Health Association, merekomendasikan batas konsumsi madu pada pria tidak lebih dari 9 sendok teh atau 36 gram per hari. Sedangkan bagi wanita dan anak-anak disarankan maksimal sebanyak 24 gram setiap hari.

Melansir Health Shots, berikut efek samping terlalu banyak konsumsi madu

Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan bisa saja terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi madu. Hal itu karena madu dapat menyebabkan produksi gas lambung berlebih hingga diare. Pasalnya, tubuh tidak akan dapat bekerja dengan baik mencerna gula yang berlebihan dari kandungan madu.

Meningkatkan kadar gula darah

Madu juga mengandung gula dan karbohidrat. Di dalam sistem pencernaan, kandungan tersebut dapat membuat kadar gula darah melonjak. Terlebih bagi penderita diabetes, kondisi ini tentu bisa membahayakan. Maka dari itu, pastikan jumlah konsumsi madu harian sesuai dengan batas aman.

Masalah kesehatan gigi

Rasa manis pada madu dapat menyebabkan kerusakan gigi. Menurut sebuah studi yang dilakukan USDA National Nutrient, komposisi madu sekitar 82 persen terdiri dari pemanis, bersifat lengket dan pekat.

Tekstur madu yang kental dan sedikit lengket, ternyata dapat dengan mudah menempel pada gigi. Jika seseorang tidak rutin membersihkan gigi, maka dampaknya bisa menimbulkan masalah pada gigi.

Menyebabkan hipotensi

Madu berkhasiat dalam mengontrol tekanan darah. Tetapi bila dikonsumsi berlebihan, maka efeknya bisa memicu seseorang memiliki risiko hipotensi atau tekanan darah rendah.

Baca Juga: Tak Selalu Sehat, Ini Bahaya Konsumsi Madu Secara Berlebihan
Meski Madu Tidak Basi, Mengapa Madu Kemasan Tertera Masa Kedaluwarsa?

Seseorang dapat mengalami hipotensi saat tekanan darahnya di bawah 90/60 mmHg. Dalam jangka panjang, efeknya bisa berujung pada gangguan fungsi jantung.

Menyebabkan kenaikan berat badan

Efek samping yang satu ini masih ada kaitannya dengan kalori, gula dan karbohidrat yang terdapat pada madu. Asupan kalori yang berlebih dapat berkontribusi dalam peningkatan berat badan. Bukannya tubuh sehat yang didapat, tapi bisa jadi berbagai risiko penyakit akibat obesitas bisa menghantui.