Ini Dia 5 Makanan Khas Korea yang Bisa Dikonsumsi Vegetarian

Ilustrasi makanan korea (Pxhere)

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Rabu, 30 November 2022 | 10:30 WIB

Sariagri - Seiring dengan maraknya K-Pop dan drama Korea, membuat makanan Korea semakin naik daun. Umumnya, makanan khas dari negeri ginseng ini banyak menggunakan bahan dasar olahan daging dan telur.

Namun sayangnya, hidangan tersebut tak ramah untuk mereka yang menerapkan pola diet menjadi vegetarian. Meski begitu, jangan khawatir, sebab selain makanan yang menggunakan daging, ada juga berbagai makanan Korea yang terbuat dari bahan baku sayuran dan kacang-kacangan.

Makanan Korea yang Aman bagi Vegetarian

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 5 jenis makanan khas Korea yang bisa dikonsumsi oleh para vegetarian:

1. Kimchi

Siapa yang tidak mengenal makanan yang satu ini? Kimchi menjadi salah satu makanan khas Korea yang sangat populer. Bahkan orang Korea sendiri, tidak pernah melewatkan kimchi setiap kali makan.

Makanan ini pada dasarnya terbuat dari berbagai jenis sayuran dengan campuran gochujjang, gochugaru (bubuk cabe), bawang putih, dan lainnya. Selanjutnya, semua bahan difermentasi sampai menghasilkan rasa yang asam pedas yang pas.

Bagi kamu yang vegetarian, kimchi bisa disajikan bersama nasi putih hangat bersama lauk lainnya, ataupun dijadikan sup dengan menambahkan protein nabati seperti tahu dan tempe.

2. Sundubu Jjigae

Selain kimchi, ada juga sundubu jjigae yang merupakan makanan khas Korea dan bisa disantap oleh vegetarian. Sundubu jjigae merupakan sup berkuah asam pedas yang banyak digemari orang Korea.

Umumnya, sup ini berisi telur, seafood, dan daging. Namun bagi kamu yang vegetarian bisa mengkreasikan makanan ini dengan hanya menggunakan sayuran dan tahu.

3. Gamja Jorim

Selanjutnya ada gamja jorim. Makanan ini mirip dengan masakan semur seperti di Indonesia, dengan cita rasa manis dan gurih.Hidangan ini dimasak dengan cara direbus kuahnya meresap ke bahan pelengkapnya.

Biasanya, jorim menggunakan daging sapi, namun kamu juga bisa mengolahnya dengan berbagai macam bahan baku yang cocok untuk vegetarian, seperti misalnya kentang atau sayuran lainnya.

4. Bibimbap

Bagi kamu yang suka menonton drama Korea atau drakor, pasti taka sing dengan makanan bernama bibimbap. Makanan khas Korea ini merupakan hidangan nasi campur yang ditambahkan dengan berbagai macam lauk dalam satu wadah.

Selanjutnya, makanan ini diaduk sampai merata dengan menambahkan gochujjang. Jika umumnya orang Korea menikmati bibimbap dengan tambahan telur dan daging sapi, tetapi yang vegetarian bisa menggantinya dengan menggunakan sayuran seperti bayam, tauge, kimchi, rumput laut kering, dan lainnya.

Baca Juga: Ini Dia 5 Makanan Khas Korea yang Bisa Dikonsumsi Vegetarian
Heboh! Pria Syok Lihat Burger Pesanannya Isi Tumpukan Sayur yang Melimpah

5. Hotteok

Makanan khas Korea lain yang cocok dikonsumsi vegetarian adalah hotteok. Makanan ini merupakan jajanan yang populer di negeri Korea. Sekilas, hotteok memiliki bentuk yang mirip seperti pancake, namun dengan teksturnya yang agak berbeda.

Jika biasanya hotteok berisi brown sugar, madu, kacang tanah, dan bubuk kayu manis, namun kamu bisa menggantinya dengan biji-bijian, seperti biji bunga matahari.