Benarkah Teh Hitam Lebih Baik Dibandingkan Teh Susu? Ini Penjelasannya

Ilustrasi teh hitam dan teh susu (Pexels).

Penulis: Tanti Malasari, Editor: Dera - Selasa, 29 November 2022 | 19:15 WIB

Sariagri - Teh adalah minuman yang terbuat dari tanaman bernama Camellia sinensis. Minuman ini bisa dikatakan merupakan salah satu minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Biasanya, minuman ini dinikmati dalam kondisi hangat maupun dingin ketika pagi ataupun sore hari

Jenis teh sendiri sebenarnya sangat beragam. Salah satu yang cukup populer saat ini adalah teh hitam. Diketahui, teh ini rutin dikonsumsi oleh banyak orang karena menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Kadang juga varian teh ini ditambahkan dengan susu, sehingga lebih creamy. Meski menyajikan rasa yang lebih nikmat, apakah teh susu juga baik untuk kesehatan?

Perbedaan kandungan teh hitam dan teh susu

Dilansir dari Krishi Jagran, dijelaskan bahwa kedua minuman ini sama-sama memiliki manfaat. Untuk teh hitam sendiri, manfaat yang akan dirasakan ada sangat banyak.

Salah satunya yaitu meningkatkan imunitas tubuh, sebab teh ini mengandung polifenol yang berperan sebagai zat antioksidan.

Selain itu, teh hitam juga mengandung kafein yang cukup tinggi, sehingga mampu membuat tubuh menjadi lebih berenergi.

Kandungan lain yang dimiliki teh hitam yaitu tanin, yang memberi manfaat dalam mengatur perkembangan bakteri baik dalam usus, sehingga sistem pencernaan selalu terjaga.

Sementara manfaat teh susu, tidak hanya menambah cita rasa tetapi juga mampu manfaat bagi kesehatan. Di dalamnya terkandung nutrisi seperti karbohidrat, mineral, dan kalsium, sehingga membuat minuman ini dianggap menyehatkan.

Kandungan zat anti-inflamasi pada teh susu berperan penting sebagai antioksidan. Lalu karbohidratnya bisa menambah energi bagi tubuh. Selain itu kandungan kalsium di dalamnya juga bisa meningkatkan kesehatan tulang dan gigi.

Lantas, manakah yang lebih baik?

Jika disimpulkan kedua minuman ini sama-sama menyehatkan dan memberi manfaat untuk tubuh. Namun perlu diketahui, bahwa teh hitam bisa dikatakan memiliki manfaat yang menyehatkan lebih banyak.

Hanya saja, waktu mengonsumsinya harus tepat. Hindari mengonsumsi teh hitam setelah makan, karena kandungan fenol di dalamnya dapat mengganggu penyerapan zat besi dalam makanan.

Baca Juga: Benarkah Teh Hitam Lebih Baik Dibandingkan Teh Susu? Ini Penjelasannya
Punya Khasiat Luar Biasa, Ini 6 Jenis Daun yang Bisa Dijadikan Teh

Adapun waktu terbaik mengonsumsi teh hitam yaitu di antara waktu makan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi nafsu makan dan membantu penurunan berat badan.

Sementara teh susu, meski juga memiliki banyak manfaat, sebenarnya minuman ini juga dapat memberikan efek negatif untuk kesehatan, jika terlalu sering mengonsumsinya. Apalagi jika susu yang digunakan menggunakan kental manis, dan menambahkan gula di dalamnya, sebab bisa meningkatkan risiko diabetes.